MAN 2 Ponorogo Juara 3 Lomba Musikalisasi Puisi di UNESA

MAN 2 Ponorogo Juara 3 Lomba Musikalisasi Puisi di UNESA
MAN 2 Ponorogo Juara 3 Lomba Musikalisasi Puisi di UNESA

manduaponorogo.sch.id | Tinta Amanda – MAN 2 Ponorogo telah berhasil memboyong dua piala lomba yang diadakan oleh UNESA dengan tema “Sastra dan Bahasa” Tingkat Nasional. Tema tersebut diambil UNESA untuk lebih mengembangkan budaya literasi dikalangan pelajar khususnya pelajar tingkat SMA sederajat.

Dalam mempersiapkan perlombaan tersebut MAN 2 Ponorogo membutuhkan waktu 1 bulan untuk menyelesaikan latihan dengan Bu Dian, guru bahasa Indonesia sebagai pembimbingnya. Perlombaan tersebut diadakan tanggal 22 Oktober 2016 dan pesertanya berjumlah 31 dari berbagai SMA dan Madrasah Aliyah di Jawa Timur tak ketinggalan MAN2 Ponorogo.

Para peserta dari MAN 2 Ponorogo berangkat dari sekolah pada hari Sabtu 02.00 WIB dini hari. Rombongan sampai di tempat tujuan pukul 07.00 WIB. Dalam pengumuman tersebut MAN 2 Ponorogo berhasil mendapatkan juara 3 lomba musikalisasi puisi dan harapan 1 lomba jurnalistik. 

Saya sungguh tidak menyangka bisa mendapatkan juara ini. Bahkan tanpa pelatih khusus. Kami dibimbing dan dilatih oleh Bu Dian yang bersedia memberi pengarahan.” ungkap Zumrotun salah satu anggota tim musikalisasi puisi MAN 2 Ponorogo yang sedang duduk di kelas XI BP 1. Kemudian ungkapan tersebut di lanjutkan oleh Walda yang juga anggota kelompok musikalisasi tersebut yang juga satu kelas dengan Zumrotun, “makanya, saya sangat berterima kasih kepada Bu Dian yang bersedia memberi pengarahan kepada kami.”

Selain itu, mereka juga mengungkapkan bahwa juara yang mereka peroleh adalah hasil kerja keras mereka. Terlebih mereka harus mengalami pergantian pemain satu minggu sebelum hari perlombaan. Tapi hal ini tidak menjadi hambatan yang berarti karena mereka menjalaninya dengan senang dan sungguh- sungguh.

Berikutnya ada kelompok jurnalistik yang mendapat juara harapan 1. “Sebetulnya kami hampir pesimis karena berita dan tulisan kami yang lain sempat hilang di flashdisk saat mencetak file tersebut.” tutur Endah anggota jurnalistik MAN 2 Ponorogo yang kini duduk di bangku kelas XI BP 1. “Sedangkan waktu tinggal setengah jam. Jadi kami harus membuat lagi tulisan kami tadi. Untungnya dua dari kelima file tadi sudah sempat kami simpan di notebook. Sehingga lebih meringankan kami.” tutur Naha yang juga anggota tim Jurnalistik MAN 2 Ponorogo yang kini duduk di bangku kelas XI BP 1.

Reporter : Naha

Editor : Yoen.

Admin Mandapo

MAN 2 PONOROGO
Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.

Leave a Reply