Literasi Untuk Prestasi, Diklat Jurnalistik Tim WEB MAN 2 PONOROGO

Literasi Untuk Prestasi, Diklat Jurnalistik Tim WEB MAN 2 PONOROGO
Literasi Untuk Prestasi, Diklat Jurnalistik Tim WEB MAN 2 PONOROGO

manduaponorogo.sch.id | Literasi Untuk Prestasi, Diklat Jurnalistik Tim WEB MAN 2 PONOROGO. Ponorogo, (15/9/17),  Tim WEB MAN 2 PONOROGO mengadakan Diklat Jurnalistik. Sebanyak 30  peserta yang tergabung dari siswa/siswi kelas X dan delegasi setiap ekstra kulikuler turut serta dalam kegiatan tersebut. Acara yang bertajuk “Menggayuh Makna Literasi” itu  berlangsung selama tiga hari, di mulai hari Jumat (15/09) berakhir Minggu (17/09).

Acara Diklat dibuka oleh Kepala Madrasah bapak Nastain, S.Pd., M.Pd.I ditandai dengan penyematan tanda peserta dan imbauan dengan mengikuti diklat KTI dan Jurnalistik para siswa dapat tambahan pengetahuan dibidang tulis menulis yang sangst bermanfaat untuk mengembangkan kreatifitas dan kemampuan para siswa.Acara diklat diawali dengan materi motivasi menulis yang disampaikan oleh bapak Drs. H. Siswo Widodo, M. M. selaku KaSi Pendma Kemenag Kabupaten Ponorogo.

Selama diklat, diajarkan berbagai  ilmu seperti cara mengaplikasikan Microsoft word dan micosoft power point. Tidak hanya itu, peserta juga diberi motivasi oleh  Dr. Sutejo (pendiri sekolah literasi gratis (SLG) STKIP PGRI Ponorogo).  Beliau juga mengajarkan teknik N3 untuk menulis (cerpen, puisi, berita, dan feature) juga menularkan cara mengirim tulisan ke media massa.

Dr. Sutejo menyinggung,  bahwa menulis itu serupa tali yang mengikat sebuah ilmu. Sekaligus mengingatkan bahwa menulis itu seperti bertamasya ke taman keindahan. “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya, sebab menulis seperti tamasya ke taman keindahan,” tuturnya di hadapan peserta.

Menariknya, kegiatan tersebut juga melibatkan tim literasi. Mereka juga berbagi pengalaman mengenai perjalanan kepenulisannya. Agus setiawan, salah satunya menegaskan bahwa menulis itu tidak memandang status. Boleh seorang guru, murid, arsitektur, bahkan pemulung sekalipun. Sebab menulis hanya mengunggulkan rumus kemauan dan tekad kuat. “Menulis itu untuk siapa saja. Bahkan seorang pemulung sekalipun,” tutur alumnus STKIP PGRI Ponorogo ini.

Kegiatan diklat ditutup pada hari Ahad 17 September oleh bapak Nyamiran selaku Waka Kesiswaan sekaligus Sertijab kepengurusan KIR, Tim Buletin dan Tim Web MAN 2 Ponorogo.

Semoga dengan terpilihnya pengurus yang baru lebih semangat dan lebih maju. Di akhir kegiatan, Saya merasa termotivasi untuk terus menulis. Bahkan, ia bercita-cita ingin menerbitkan sebuah buku. “Saya sangat senang, saya termotivasi ingin membuat buku fenomenal,” tuturnya dengan gembira.

Reporter by : Milla

Fotografer by : Tim Web. MAN2 Po.

Editor by : Yoeni

Admin Mandapo

MAN 2 PONOROGO
Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.

Leave a Reply