Bedah Buku dan Semarak Lomba dalam Rangka Bulan Bahasa

Bedah Buku Semarak Lomba dalam Rangka Bulan Bahasa.
Bedah Buku Semarak Lomba dalam Rangka Bulan Bahasa.

manduaponorogo.sch.id | Bedah Buku Semarak Lomba dalam Rangka Bulan Bahasa. Kamis, 9 November 2017, siswa-siswi MAN 2 Ponorogo khususnya kelas X dan XI  mengikuti acara bedah buku yang berjudul “Laskar Ulama Santri dan Resolusi Jihad” disampaikan Oleh Bapak H. Doktor Sutejo, M.Hum, di GOR MAN2 Ponorogo, selain itu rentetan acara Bulan Bahasa menyertakan beberapa lomba bahasa Indonesia seperti : pidato kebangsaan, cipta dan baca puisi, menulis essai serta  lomba  karya tulis ilmiah,. Bagi setiap kelas harus mengirimkan perwakilan  1 putra dan 1 putri maupun berkelompok. Pelaksanakan lomba bertempat di ruang-ruang yang telah disediakan oleh panitia.

Diadakannya lomba-lomba tersebut bertujuan , menciptakan bibit baru untuk ke depan baik lomba bidang puisi, essay, pidato bahasa Indonesia, dan LKTI. Selanjutya akan diambil tiga besar kemudian dibimbing dan diseleksi untuk bisa maju atau mengikuti lomba di tingkat yang lebih tinggi atau di even-even luar MAN 2. “Harapan diadakan bulan bahasa ini tahun depan akan lebih banyak lomba dan lebih meriah.” ungkap Iqbal Gadafi selaku ketua panitia. “Karena tahun ini merupakan yang pertama dan masih banyak peserta dari beberapa kelas  yang didenda karena kurang tertibnya mengikuti rangkaian acara.” timpalnya menambahi. Bulan Bahasa ini  dikaitkan dengan semangat literasi, maka panitia juga mengadakan bazar buku dengan sift atau waktu yang telah ditentukan. Buku yang dijualpun bermacam-macam seperti novel, buku agama, puisi, dan teknologi, dengan harga bervariasi .

Hari itu penuh kegiatan literasi walau di siang hari mulai turun hujan yang semakin mengguyur, namun semangat literasi MAN2 membaca kian meningkat sedikit demi sedikit. Seperti kegiatan resensi buku, menambah wawasan dengan cara membaca buku. Tak ketinggalan, walau sebenarnya acara ini ditujukan kepada kelas X dan XI, namun kelas XII pun ikut memborong berbagai koleksi novel di bazar tersebut. ” Dengan diadakannya Bulan Bahasa bisa menambah semangat  siswa siswi  MAN2 Ponorogo dalam berliterasi. Karena kita semua ikut antusias berliterasi di era reformasi. Bisa menambah wawasan dan semangat menjadi siswa berbudaya literasi.” komentar salah satu  peserta lomba pidato kebangsaan, Afnan dari klas X IPS 3.

Reporter : Safira Mifta B.

Editor : Yoen

Admin Mandapo

MAN 2 PONOROGO
Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.

Leave a Reply