Hari Guru untuk Para Guru MAN2 Ponorogo

 Hari Guru untuk Para Guru MAN2 Ponorogo
 Hari Guru untuk Para Guru MAN2 Ponorogo

Manduaponorogo.sch.id |  Hari Guru untuk Para Guru MAN2 Ponorogo. Tanggal 25 November merupakan hari untuk memperingati hari guru. Guru merupakan profesi yang mulia. Tanpa guru tidak akan ada dokter, polisi, pilot, dan lain sebagainya. Guru adalah seorang pendidik sebagai insan yang mulia dan berjasa karena merekalah yang bertanggung jawab mendidik anak bangsa, melahirkan generasi yang cerdas dan cakap serta sanggup melaksanakan tugas terhadap diri, keluarga, masyarakat dan Negara. Seperti halnya guru di MAN 2 Ponorogo. Terdapat sekitar 84 guru yang mengajar siswa-siswi Madrasah ini. Melalui bimbingan dan dukungan dari para guru, siswa-siswi MAN 2 Ponorogo mampu menorehkan prestasi baik pada bidang akademik maupun non-akademik.

Namun seringkali ada beberapa guru yang dianggap galak oleh para murid, tetapi sejatinya tujuan mereka sebenarnya baik, yakni tidak hanya menularkan ilmunya saja  kepada kita, tetapi membimbing dan mendidik kita agar kita bisa sukses meraih cita-cita menuju masa depan yang cemerlang dan bahagia. Seperti halnya salah satu guru di MAN 2 Ponorogo yaitu Bu Evie, ketika ditanyai oleh tim kami beliau mengungkapkan “Terkadang murid itu salah mengartikan, ketika ada anak yang dimarahi, diingatkan, dan dinasehati oleh guru merasa kecewa dan sakit , padahal justru hal tersebut menunjukkan guru itu memberikan perhatian terhadap anak tersebut”.

Menurut saya Hari Guru itu memiliki makna, bahwa guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu yang dimilikinya. Namun guru juga mendidik, mengarahkan dan membimbing siwa agar menjadi lebih baik lagi. Sekarang ini guru harus menanamkan pendidikan karakter kepada siswa. Jadi jika diperhatikan dan diingatkan guru itu jangan sakit hati atau kecewa tetapi jadikanlah hal itu sebagai cambuk atau motivasi. Guru memiliki peranan yang cukup banyak” ungkap Bu Evie, guru yang mengajar pelajaran Biologi ini, ketika ditanyai tentang makna hari guru.

Agar proses pembelajaran di sekolah berhasil, diperlukan kerja sama antara guru dengan murid. Jika diatas sudah mengutarakan Hari Guru menurut guru sendiri. Berbeda lagi menurut para murid. “Guru menurut saya adalah orang tua kedua, mungkin ketika saya lulus dari Madrasah ini, saya akan sangat merindukan kenangan setiap harinya ketika di ajar oleh para guru. Namun terkadang saya dan juga dengan teman yang lain merasakan bahwa kami menganggap guru terlalu banyak memberikan tugas. Dimana  mata pelajaran di Madrasah ini yang begitu banyak, dan disitulah setiap guru, memberikan tugas atau pekerjaan rumah masing-masing, ditambah lagi dengan adanya ulangan harian dan lain sebagainya, murid dituntut untuk menguasai dan mendapat nilai yang bagus disetiap mata pelajaran. Maka kami merasa hal tersebut cukup membuat kami stress. Jadi pada Hari Guru ini, kami mohon untuk para guru mengurangi intensitas pemberian tugas. Namun kami juga sadar, hal tersebut dilakukan juga untuk kebaikan kami”. Komentar Sella salah satu murid kelas XI MIPA 2 di hari guru kemarin.

Kami atas nama siswa-siswi MAN 2 Ponorogo mengucapkan selamat hari guru untuk para guru di MAN 2 Ponorogo khususnya dan  untuk guru di seluruh Indonesia pada umumnya. Semoga atas jasa para guru, kami bisa menjadi penerus bangsa yang bermartabat. Dan atas semua ilmu dan juga nasehat yang telah beliau berikan, bisa menjadi ladang amal di akhirat nanti. Aamiin

Reporter by : Fan Widya

 Editor by :  Yoen

Admin Mandapo

MAN 2 PONOROGO
Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.

Leave a Reply