Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Milad MT Ulul Albab

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Milad MT Ulul Albab
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Milad MT Ulul Albab

manduaponorogo.sch.id | Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Milad MT Ulul Albab. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan milad Majelis Ta’lim Ulul Albab MAN 2 Ponorogo mengadakan serangkain acara yaitu lomba kaligrafi dan qira’ah dan Bedah Kitab. Kitab Afdholu Sholawat oleh Kyai Ayyub Ahdian Syam, SH. Acara ini berlangsung selama 2 hari dimulai pada Selasa, 28/11/2017 sampai Rabu 29/11/2017.

Lomba Kaligrafi dan Qira’ah diadakan pada hari Selasa tanggal 28/11/2017. Lomba tersebut diikuti oleh perwakilan dari tiap kelas X dan XI. Lomba Kaligrafi diselenggarakan di GOR MAN 2 Ponorogo. Sedangkan Lomba Qiro’ah diadakan di Gazebo MAN 2 Ponorogo.

Acara Bedah Kitab diadakan keesokan harinya yaitu pada Rabu tanggal 29/11/2017. Acara ini wajib diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X, XI, dan XII. Acara Bedah Kitab ini dimoderatori oleh Bapak Muhammad Habibul Anami dan pemateri oleh Bapak Kyai Ayyub Ahdian Syam, SH. Sebelum acara dimulai, disuguhkan penampilan Hadroh dari MT Ulul Albab. Kemudian acara dibuka dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta sambutan dari Bapak Nyamiran, selaku Waka Kesiswaan. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Bapak Nyamiran. Sampailah pada acara inti yaitu Bedah Kitab Afdholu Sholawat oleh Kyai Ayyub Ahdian Syam, SH. Sang ahli bicara mengulas semua yang berhubungan dengan Kitab Afdholu Sholawat secara detail. Antara lain seperti asal muasal kitab, latar belakang dibuatnya Kitab Afdholu Sholawat, profil pembuat kitab, isi kitab dan lain sebagainya. Beliau menjabarkan semua itu dengan jelas dan semangat sehingga membangkitkan semangat dan rasa ingin tahu bagi siswa siswi yang mendengarnya.

Lomba Kaligrafi dan Qiro’ah serta acara Bedah Kitab yang di ketuai oleh Muhammad Syaiful Prasetyo ini berjalan dengan lancar. Siswa siswi mengikuti acara ini dengan antusias. Pada saat acara bedah buku semua memperhatikan dan tertarik dengan materi. Begitu juga pada saat perlombaan, meski saat itu hujan tak kunjung berhenti, namun semangat mereka tidak luntur begitu saja.

Bedah Kitab Afdholu Sholawat ini diselenggarakan karena saat ini, di era globalisasi ini banyak remaja yang sudah melupakan usub usub islam terutama. Dengan adanya acara bedah kitab ini diharapkan dapat mengembalikan ketertarikan para remaja terhadab usub-usub islam terutama Kitab Afdholu Sholawat.

Harapan saya untuk Majelis Ta’lim Ulul Albab semoga majelis ini bisa lebih maju dan berkembang dari pada sebelumnya,” tutur Muhammad Syaiful Prasetyo, selaku ketua panitia.

reporter : Syifa Zakiyah

editor : yoen

Admin Mandapo

MAN 2 PONOROGO
Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.

Leave a Reply