MAN 2 Ponorogo Juara 3 Lomba INOTEK Tingkat Kabupaten

MAN 2 Ponorogo Juara 3 Lomba INOTEK Tingkat Kabupaten
MAN 2 Ponorogo Juara 3 Lomba INOTEK Tingkat Kabupaten

manduaponorogo.sch.id | MAN 2 Ponorogo Juara 3 Lomba INOTEK Tingkat Kabupaten. Tak disangka tanggal 19 Februari 2018 menjadi hari yang menggembirakan bagi Maha Yudha Samawi (PDCI 1), Galih Mustiko Aji (XI MIPA 4), dan Novsa Nurwiana (XI MIPA 5). Bagaimana tidak, ketiga generasi muda tersebut telah berhasil meraih Juara 3 pada lomba “INOVASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA” atau INOTEK. Lomba yang diadakan Dinas Pemberdayaan Desa ini diikuti oleh puluhan kelompok yang dilaksanakan di Aula Dinas Pemberdayaan Desa. Inovasi karya siswa sisiwi MAN 2 Ponorogo adalah dengan mengganti pakan ikan dengan pakan alami berupa Spirulina Plantensis dan Azolla microphylla. Spirulina plantensis sebagai suplemen sedangkan peletnya digantikan dengan Azolla microphylla.

Orang banyak mengenal spirulina dengan nama lain ganggang hijau, biasanya digunakan sebagai bahan dasar suplemen atau bahan makanan.  Spirulina termasuk ke dalam jenis tumbuhan air ber-sel satu dengan kategori Cyanobacteria atau mikroalga, yang memiliki bentuk menyerupai spiral. Azolla adalah nama tumbuhan paku-pakuan akuatik yang mengapung di permukaan air berdaun kecil-kecil dan warna daunnya bisa sangat hijau dan tebal.

Dengan menggunakan inovasi tersebut juga memudahkan peternak. Karena, peternak hanya mengawasi perkembangan ikan saja. Cukup diberi suplemen spirulina dan pelet azolla. Inovasi ini juga dapat menghemat biaya peternak karena media yang digunakan adalah limbah air sawah yang masih mengandung nutrisi unsur hara. Berhubung masih mengandung unsur hara yang menyebabkan eutrofikasi, kami mengolah dulu supaya unsur hara diserap oleh tumbuhan baru di buang ke sungai” terang Maha Yudha Samawi.

 

Admin

MAN 2 PONOROGO Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.

Leave a Reply