Diklat Bilal, Khotib, dan Khotbah Majelis Ta’lim Ulul Albab.

Diklat Bilal, Khotib, dan Khotbah Majelis Ta'lim Ulul Albab.
Diklat Bilal, Khotib, dan Khotbah Majelis Ta’lim Ulul Albab.Diklat Bilal, Khotib, dan Khotbah Majelis Ta’lim Ulul Albab.

manduaponorogo.sch.id | Diklat Bilal, Khotib, dan Khotbah Majelis Ta’lim Ulul Albab. Ponorogo, 09 Juni 2018. Dalam rangka Nuzulul Qur’an pada bulan Ramadhan 1439 H, Majelis Ta’lim Ulul Albab mengadakan kegiatan “Diklat Bilal, Khotib, dan khotbah“. Acara ini dihadiri oleh anggota majelis ta’lim ulul albab dan perwakilan dari beberapa ekstra di MAN 2 Ponorogo.

Kegiatam diklat yang bertempat di Ma’had Ronggo Warsito ini bertujuan untuk mengingatkan kepada siswa-siswi tentang peristiwa besar Nuzulul Qur’an. Nara sumber kegiatan adalah Bapak Ali Mashudi yang juga selaku pembina majelis ta’lim ulul albab. Dalam diklat ini siswa diajarkan bagaimana cara menjadi Bilal, Khotib, dan khotbah. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Adapun rangkaian acara diklat, dimulai dengan khataman Al-Qur’an pada pagi hari sebagai bentuk peringatan Nuzulul Qur’an. Pada pukul 16.00 WIB seluruh peserta membaca Al-Qur’an Juz 30 secara bersama-sama. Seusai khatam membaca Al-Qur’an, memasuki acara inti, yaitu Diklat Bilal, Khotib, dan khotbah sembari menunggu adzan maghrib berkumandang. Ketika adzan madghrib menggema di telinga,  seluruh peserta menikmati takjil yang sudah disediakan panitia dan dilanjutkan dengan sholat maghrib berjama’ah di GOR MAN 2 Ponorogo. Bertindak sebagai imam adalah Bapak Ali Mashudi. Seusai sholat maghrib berjama’ah seluruh peserta didampingi bapak ibu guru menyantap hidangan untuk berbuka puasa  bersama.

Persiapan kegiatan ini sudah direncanakan jauh- jauh hari . Mulai dari pengajuan anggaran, susunan acara dan pengaturan tempat. Alhamdulillah, dengan kekompakan panitia, yang terdiri dari pengurus majelis ta’lim ulul albab, acara berjalan dengan lancar.”  Ungkap Saiful Selaku ketua panitia.

Semoga dengan diadakannya Diklat Bilal, Khotib, dan khotbah ini  siswa-siswi MAN 2 Ponorogo bisa lebih memahami dan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan di masyarakat kelak.

Reporter : Adhisa , Salsabila Pw
Editor: yuliana

Admin

MAN 2 PONOROGO Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: