Event

Giat Literasi Dengan Resensi

Jum’at (20/12/2019), MAN 2 Ponorogo mengadakan lomba membuat resensi yang diikuti oleh seluruh siswa MAN 2 Ponorogo. Kegiatan ini prakarsai Tim Literasi serta Bapak Ibu guru. Cuaca yang cerah mendukung siswa untuk mewarnai kegiatan ini. Diawali dengan apel pembukaan lomba yang berlangsung khidmad. Suasana tegang menjadi riuh ketika Bapak Nasta’in selaku pembina upacara memberikan salam literasi dengan mengangkat jari berletter huruf L yang diikuti oleh seluruh siswa. Selain itu, Beliau juga meminta kepada semua siswa untuk mengangkat buku bacaannya tinggi-tinggi agar menjadi semangat dalam kegiatan ini.

Kegiatan literasi dimulai ketika panitia selesai membacakan kriteria-kriteria dalam lomba resensi ini. Panitia memberikan waktu selama 1 jam untuk menuliskan resensinya di kertas folio. Cuaca yang menjadi panas terik membuat beberapa siswa berteduh di bawah pohon, depan teras kelas, bahkan ada juga yang berada di dalam Masjid MAN 2 Ponorogo.

Menurut Bapak Arif Mardjoko, selaku Tim Literasi mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari kegiatan pasca PAS dari tanggal 13 sampai 19 Desember. Diwaktu ini, tentunya banyak sekali kelonggaran dari siswa, sehingga digunakan untuk membaca buku selama 30 menit setelah berdo’a. Puncak kegiatan ini adalah pembuatan resensi dari buku yang telah dibaca yang dilaksanakan hari ini.

Beliau berharap bahwa dengan kegiatan ini akan menambah minat baca anak. Selain itu, beliau juga berencana bahwa kegiatan literasi akan ditingkatkan lagi, sehingga kegiatan resensi akan meningkat semakin bagus dan formatnya juga semakin bagus. Untuk merealisasikannya, di semester depan, Bapak,Ibu guru akan mengikuti workshop literasi dari Tim Literasi kemudian diaplikasikan kepada siswanya.

Detik terakhir, Tim Literasi akan memberikan hadiah kepada siswa yang telah selesai membuat resensi dan berani membacakan hasilnya di hadapan seluruh peserta. Dan diantara seluruh siswa, ternyata ada 2 siswa yang berani membacakan hasil resensinya. Pada saat waktu habis, lembaran setiap siswa dikumpulkan kepada tim literasi. Pengumuman kejuaraan akan diumumkan pada bulan Januari tahun 2020.

Editor: Dian R