Hujan Prestasi Di Food Engineering Festival 2020 Tehnik Pangan ITB

Senin, 18/1/2021. Siswa MAN 2 Ponorogo raih dua penghargaan sekaligus dalam event Food Engineering Festival 2020 yang diselenggarakan oleh Tekhnik Pangan Institut Tehnologi Bandung (ITB). Pada festival ini, juara ke- 2 Foodpreneur Challenge diikuti oleh tim yang terdiri dari Dina Kamilasari, Naharis Sururi F., dan Dwi  Rahmatul A.

   Dalam sesi wawancara mereka mengatakan bahwa untuk mendapat kejuaraan ini butuh kerja keras dan kekompakan mengingat acara dilaksanakan secara bertahap mulai pada tanggal 3 hingga 17 Desember untuk pengumpulan abstrak, dan tanggal 22 Desember sampai 4 Januari untuk tahap proposal dan pembuatan PPT. Kemudian pada tanggal 10 sampai 15 Januari dilanjutkan tanggal 16 Januari untuk tahap Final.

    Mereka juga mengatakan bahwa  persiapannya cukup lama karena waktu yang diberikan untuk pengumpulan proposalnya tidak banyak. “Waktu itu pertama kami mengumpulkan abstrak kami mengerjakannya udah mau deadline, jangan ditiru ya.. Setelah itu pengumuman lolos abstrak, kemudian kami menyusun proposal dan di dalamnya ada banyak banget yang harus dimasukkan ke konten proposal seperti latar belakang, gambaran produk, dan analisis industri serta masih banyak yang lain.

Butuh kerja ekstra juga apalagi analisis industri bagian saya yang masih abu-abu, nggak ngerti sama sekali kalau keuangan, walaupun ada kesalahan bisa sedikit diminimalisir soalnya ada pengalaman dari lomba sebelumnya. Yang pastinya juga sangat berkesan dan waktu pengumpulan itu kita harus bagi waktu buat bikin produk sama nyusun proposal, setelah pembuatan produk yg menguras tenaga apalagi saat merebus bobanya, temenku berdua sampai hujan2an buat nganterin Sel PSBB ke responden…Kagum banget ama kinerja mereka dehh..” ungkap kak Dina.

      Dalam kesempatan ini mereka juga menyampaikan terimakasih pada pihak-pihak yang membantu yang paling utama tentunya pembimbing yakni  Bu Amru Hidayah, Kakak KIR Man 2 PO, teman teman dan masih banyak lagi. Dan rasa syukur pada Allah tentunya.

       Mereka juga berpesan pada adik adik dan teman teman khususnya anggota KIR Mandapo, meskipun dalam keadaan pandemi seperti saat ini, jangan sampai membuat kita malas untuk berkompetisi.. Mulai aja dulu, intinya jangan takut untuk memulai.. Ada banyak kok, orang-orang baik yang akan membantu kalian.. Jadi, tetap semangat dan jangan sampai putus harapan kepada ALLAH”, demikian ungkap salah satu tim.

   Tidak hanya dalam acara Food Engineering Festival 2020 yang diselenggarakan oleh Teknik Pangan Institut Teknologi Bandung, MAN 2 Ponorogo juga meraih Juara 2 Infographic Competition yakni atas nama  Dani Bintang Aprilyanto.

”Persiapan cukup berat karena banyaknya perlombaan yang telah diikuti di awal tahun 2021 ini, untuk itu dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang,” ujar Dani Bintang. Acara tersebut telah diselenggarakan mulai dari 3 Desember sampai 17 Januari secara bertahap.

      Dani juga mengungkapkan bahwasanya kegiatan lomba ini diselenggarakan secara online oleh mahasiswa teknik pangan ITB (Institut Teknologi Bandung). Ia juga mengungkapkan kesan tak tersangka “Nggak nyangka, karena 20 peserta tingkat campuran (SMA dan Mahasiswa) desain peserta lain pun cukup bagus menurut saya, tapi Alhamdulillah, Tuhan memberi kesempatan untuk menjadi juara ke 2 pada cabang perlombaan tersebut”, begitulah ujarnya. Ia pun beralasan mengikuti perlombaan tersebut karena merasa tidak memiliki pekerjaan karena pandemi yang berkepanjangan dan ia pun sudah memiliki inovasi tinggal diaplikasikan ke bentuk poster.

      Selain itu ia juga mengucapkan pesan untuk adik-adik generasi selanjutnya bahwasanya agar selalu berfikir positif, jangan takut lawan lebih takut dan menakutkan”, ujarnya dalam mengakhiri wawancara.

Reporter : Fanika Ardiansyah, Irfa Fatimah, Oktafia Nur H, Evahanna Mahardika, Ahmad Shiddiq

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.