Jum’at, 16 Oktober 2020 telah dilangsungkan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) yang dilaksanakan di Aula MAN 2 Ponorogo, dalam rangka mempersiapkan calon pengurus OSIS baru dalam memimpin organisasi siswa intra madrasah.

LDK tahun ini berbeda dengan LDK tahun sebelumnya, LDK tahun ini dilaksanakan secara Daring dan Luring, karena dampak dari wabah Covid-19 yang belum mereda hingga saat ini. LDK secara Daring, dilaksanakan pada hari Jum’at, 16 Oktober 2020 dengan menggunakan media Zoom.

Setelah acara pembukaan oleh Bapak Kepala Madrasah, sebagai pemateri pertama adalah Ibu Dian Rachmawaty,S.Pd,M.Pd.I, dengan tema protokoler, dilanjutkan materi dari Bapak Wilson Arifudin,S.Pd, tentang covid-19 serta materi dari Bapak Nyamiran,S.Pd,M.Pd.I, yang membahas event organizer.

Sedangkan untuk LDK Luring, dilaksanakan hari Sabtu, 17 Oktober 2020. Panitia menerapkan LDK secara Luring dengan mematuhi protocol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Untuk persiapan LDK OSIS, kami mengajukan proposal kepada madrasah yang di dalamnya terdapat SOP (Standart Oprasional Procedure) dalam hal pencegahan sekaligus penanganan Covid-19 yang sudah disetujui oleh pihak madrasah. Mengingat lembaga menerapkan SOP dengan ketat saat pandemic ini, kami selaku panitia berhati-hati dalam pelaksanaan kegiatan LDK ini. Yang dimana kami menerapkan pembatasan jarak (pyisical distancing) panitia dan peserta serta menerapkan prosedur protokol kesehatan, seperti menggunakan face shield, hand sanitizer, dan menggunakan masker. Untuk peserta atau panitia yang bertempat tinggal di zona merah dan orange, dengan surat resmi diperbolehkan tidak mengikuti kegiatan secara luring. Tujuan dilakukan LDK OSIS ini, kami berharap kepada calon pengurus OSIS memiliki karakter yang baik. Karakter yang baik dapat diwujudkan dengan pembekalan sejak dini. Pembekalan ini berupa LDK yang terdapat materi-materi yang bertujuan untuk pengembangan karakter pengurus OSIS.” Tutur Ferly selaku ketua panitia LDK OSIS.

Untuk pelaksanaan kegiatan, tak hanya LDK saja yang dilakukan secara Daring, tetapi juga rangkaian acara kegiatan yang lainnya seperti serah terima jabatan, seleksi peserta kemudian juga interview, berikut penjelasan dari pembina OSIS saat wawancara

“Untuk pelaksanaan reformasi pengrus OSIS kali ini berbeda, karena dalam reformasi ini langsung ada 3 kegiatan include jadi satu. 3 kegiatan itu, pertama adalah pemilos, kemudian yang ke dua LDK dan yang ke tiga Sertijab, yang kesemuanya dilakukan dengan daring. Karena kita dalam masa pandemi tetapi mau tidak mau juga harus segera melaksanakan reformasi keanggotaan dari pengurus OSIS, maka kita mengambil langkah kegiatan bisa dilaksanakan dengan berbasis daring. Jadi, semuanya berbasis daring, mulai dari seleksi peserta kemudian interview dan sebagainya, itu semua berbasis daring.”

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Bapak Wilson Arifudin selaku Waka Kesiswaan berharap anak-anak peserta LDK bisa tetap semangat dalam berorganisasi di OSIS, tidak patah semangat, tetap berkreasi, dan berprestasi untuk sebuah tujuan yang mulia demi kelangsungan organisasi OSIS khususnya di MAN 2 Ponorogo. Tak hanya itu, beliau juga memberi pesan untuk peserta LDK tahun ini, beliau berpesan kepada para peserta agar bisa menjiwai dan memaknai materi-materi yang telah diberikan oleh beberapa instruktur atau guru pemateri, itu bisa dilaksanakan sebaik mungkin dan memberikan satu motivasi tersendiri dalam pelaksanaan pengelolaan di organisasi.

Menurut salah satu peserta LDK yang tidak mau disebutkan namanya “Saya senang mengikuti LDK pada masa pandemi ini. Hanya saja, LDK tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana rangkaian kegiatan yang tahun sebelumnya itu tidak ada di pelaksanaan LDK tahun sekarang.” Tutur salah satu peserta LDK OSIS.

                        Reporter    : ErsaApriyolasani
                        Photograpyh : HernandaAlisya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.