Berita News

Lomba Da’i dan Da’iyah Tingkat MTS Se-Kabupaten Ponorogo

Lomba Da'i dan Da'iyah Tingkat MTS Se-Kabupaten Ponorogo
Lomba Da’i dan Da’iyah Tingkat MTS Se-Kabupaten Ponorogo

Lomba Da’i dan Da’iyah Tingkat MTS Se-Kabupaten Ponorogo | Ponorogo, 13/12.  MAN 2 Ponorogo menjadi tempat diselenggarakannya lomba da’i dan da’iyah tingkat MTs Se-Kabupaten Ponorogo. Lomba ini diselenggarakan oleh  Kemenag Kab. Ponorogo dalam rangka memperingati HAB (Hari Amal Bakti) Kemenag RI ke-73. Tujuan diadakannya lomba ini ialah untuk mengembangkan kompetensi generasi muda dalam bidang non-akademik keagamaan. Peserta dalam lomba ini adalah siswa-siswi MTs di Kab. Ponorogo kelas 7 — 9, dengan total 26 peserta yang terdaftar. Dalam perlombaan ini diambil Juara 1 sampai dengan Harapan 3 di setiap kategori. Terdapat tiga  juri dalam perlombaan da’i dan da’iyah  yaitu guru yang memiliki kompetensi pada bidang ini yang mana dari MAN 2 Ponorogo sendiri yaitu Bapak Muhamad Habibul Annami, Ibu Heni Hastuti, dan Ibu Uswatun Chasanah.

Selain lomba ini, juga diadakan beberapa macam perlombaan dari Kemenag Kab. Ponorogo seperti lomba kaligrafi, lomba mewarnai untuk TK, dan lomba karaoke islami untuk MI yang diselenggarakan berlainan waktu dan tempat di setiap lombanya. Adapun daftar juara pada perlombaan Da’i dan Da’iyah tingkat MTs se-Kab. Ponorogo yaitu :

Kategori Da’i :

Juara 1: M. Danis (MTs N 1 Ponorogo)

Juara 2 : Ahmad Ainun Z. (MTs Ma’arif 1 Ponorogo)

Juara 3 : M. Wildan N. (MTs N 5 Ponorogo)

Juara Harapan. 1 : Dedi Saputra (MTs Muhammadiyah 3 Yanggong)

Juara Harapna. 2 : Nur Setiawan (MTs An-Nur Trisnono)

Juara Harapan. 3 : M. Anwar S. (MTs N 4 Ponorogo)

 

Kategori Da’iyah :

Juara 1 : Eka Destia N (MTs N 1 Ponorogo)

Juara 2 : Viven Putri K. (MTs N 5 Ponorogo)

Juara 3 : Luluk Ajeng T. W. (MTs N 3 Ponorogo)

Juara Harapan. 1 : Wahdatul Lailah M. (MTs Muhammadiyah 3 Yanggong)

Juara Harapan. 2 : Eni Marlina (MTs Bahrul Ulum)

Juara Harapan. 3 : Fatimatul R. (MTs An-Nur Trisnono)

Acara ini direspon positif oleh para peserta yang bersemangat menghafalkan materi pidato meskipun dalam waktu yang singkat. “Pastinya kita merasa senang, bangga, dan bersyukur, meskipun waktu untuk mempersiapkan sangat singkat, Alhamdulillah kami bisa memberikan penampilan yang maksimal. Kita matangkan materi hafalan pidatonya sehingga saat lomba kami sudah siap” Komentar Eka dan Danis sebagai Juara 1 pada lomba ini.

Semoga untuk kedepannya akan terus muncul bibit unggul dalam bidang da’i dan da’iyah yang bisa membawa nama harum Kabupaten Ponorogo.

Reporter : Adhisa Dhiya Ulhaq dan Widya Husnul Khotimah