Event

Saatnya Digitalisasi dan Inovasi E-Learning Madrasah

“Lembaga pendidikan yang baik adalah yang mampu melihat perkembangan dunia, dan mau menyesuaikan dengan perubahan”

Ponorogo (1/07). Kutipan dari Dr.Suwardi, M.Pd, Kasi Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Dirjenpendis Kemenag RI dalam Webinar yang diselenggarakan oleh MAN 2 Ponorogo kemarin memang sangat relevan jika dikaitkan dengan iklim belajar saat ini. Pandemi yang menghantam negeri, secara langsung juga sangat mempengaruhi kegiatan belajar siswa di sekolah. Pembelajaran jarak jauh atau yang kerap disebut pembelajaran daring adalah salah satu solusi praktis agar transfer ilmu antara guru dan siswa tetap berjalan.

Evie Melianasari, staf kurikulum MAN 2 Ponorogo sekaligus koordinator webinar mengungkapkan bahwa seorang guru juga dituntut untuk selalu kreatif menyesuaikan kondisi zaman. “Apalagi Kemenag sudah memiliki aplikasi e-learning Madrasah, sehingga kami mengadakan webinar dengan tema Optimalisasi Digitalisasi e-Learning Madrasah untuk menyongsong pembelajaran new normal di MAN 2 Ponorogo,” ujarnya.Tak kalah menarik, webinar ini juga mengundang Kasi Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Dirjenpendis Kemenag RI, Suwardi.

Saatnya Digitalisasi dan Inovasi E-Learning Madrasah
Saatnya Digitalisasi dan Inovasi E-Learning Madrasah

Materi berbobot yang dikemas secara ringan membuat webinar dengan durasi hampir 2 jam ini tidak terasa membosankan. Pria yang juga akrab disebut dengan Pak Kumis ini juga menekankan bahwa madrasah bukan tempat siswa belajar pelajaran umum saja. Melainkan juga tempat menumbuhkan segala bakat dan potensi anak baik akademik maupun non akademik. Sebab, madrasah hebat adalah madrasah yang dapat mengembangkan seluruh potensi siswa secara optimal. Berikut adalah poin penting terkait pentingnya digitalisasi Madrasah:

 Dunia digital menjadi kebutuhan semua kalangan, termasuk guru dan siswa
 Menyongsong Revolusi Industri 4.0 dan kebutuhan abad 21
 Mempermudah proses belajar mengajar
 Belajar lebih menyenangkan, kapan saja dan dimana saja
 Efektif dan efisien tata kelola madrasah (administrasi, keuangan, pembelajaran, penilaian, dsb).

Dengan adanya webinar ini, pendidik di MAN 2 Ponorogo diharapkan dapat mengembangkangkan kreativitas pembelajaran daring dengan menggunakan berbagai aplikasi yang menarik minat belajar siswa. Sekaligus mampu berlomba-lomba untuk membuat konten pada guru berbagi. “Mau tidak mau saat ini guru harus selalu melek IT dan berinovasi sebab ruang-ruang belajar anak-anak tidak terbatas pada satu sudut pandang saja,” ujar perempuan yang juga mengajar biologi ini.

Penulis: Wiretno, S.Hum