Siswa MAN 2 Ponorogo Berikan Edukasi Lingkungan Berkat Juara Dalam Olimpiade HIV/AIDS

Ahad, 13 Desember 2020. Dalam rangka peringatan hari AIDS Sedunia, Insan Genre KBP Ponorogo mengadakan Olimpiade HIV/AIDS. Olimpiade ini diikuti oleh 66 peserta, salah satunya adalah siswi MAN 2 Ponorogo, Fitria Utami kelas XI MIPA 4, yang telah berhasil memperoleh juara 3.

Olimpiade terbagi dalam beberapa babak yaitu babak penyisihan yang mengharuskan peserta menjawab soal melalui quizalize dan babak final di mana peserta harus mengerjakan soal essay google form. “Untuk kendala menurut saya InsyaAllah gak ada sih, cuma pas persiapan itu agak bingung aja mau mempelajari apa, soalnya gak ngerti materinya tentang apa aja”, ujar Fitria saat ditanya mengenai hambatan mengikuti olimpiade ini.

Menurut Fitria, dengan mengikuti Olimpiade HIV/AIDS ini, dia memiliki lebih banyak pengetahuan tentang HIV/AIDS yang sebelumnya dia belum pernah mempelajarinya. Dan ia bertekad untuk mengedukasi orang-orang di sekitarnya tentang HIV/AIDS.

“Cara saya mengedukasi mungkin apabila ada orang di lingkungan saya sedang membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan HIV/AIDS, saya akan memberikan pengetahuan-pengetahuan tentang HIV/AIDS berupa: apa itu HIV/AIDS, cara penularan dan cara pencegahannya. Karena untuk mengedukasi lingkungan sekitar itu akan sangat susah karena faktor perbedaan usia dan sebagainya, dan apabila mereka tidak sedang membicarakan atau tidak ada suatu kejadian yang berkaitan dengan HIV/AIDS, maka saya akan membuka topik itu sendiri dan menyelipkan tentang HIV/AIDS, sedangkan cara saya untuk mengedukasi teman-teman saya, saya akan mengajak mereka untuk tidak terlalu larut dalam pergaulan luar atau memilih pergaulan positif. Disamping itu saya juga akan memberikan pengetahuan tentang HIV/ AIDS” papar Fitria menjelaskan caranya mengedukasi lingkungan sekitarnya.

Reporter: Widya Anggraini, Jeny Kartika Rozita, Ayu Eka Nur Aziza.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.