Siswa MAN 2 Ponorogo Berprestasi Di GAZA 2020 | Ahad, 22 November 2020. Pengumuman pemenang lomba Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) sebagai salah satu mata lomba dalam GAZA (Gebyar Apresiasi Khazanah Araby) melalui zoom menyatakan bahwa Tim MAN 2 Ponorogo meraih juara II.

Sebagai agenda tahunan mahasiswa prodi bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan GAZA (Gebyar Apresiasi Khazanah Araby) VIII dengan berbagai mata lomba, di antaranya MSQ (Musabaqah Syarhil Qur’an) yang diikuti oleh siswa/i Madrasah Aliyah dan pondok pesantren se-Indonesia.

Lomba mengharuskan diikuti oleh tim yang beranggotakan 2-3 siswa. MAN 2 Ponorogo mengirimkan delegasi 1 tim yang terdiri dari Muhammad Herwin Nasrudin dari kelas XI IPS 2, Indah Nur Aziza dari kelas XI IPS 2, dan Dwi Rahmatul Azizah dari kelas XI MIPA 2.

“Lomba ini dilaksanakan secara daring, masing-masing tim harus mengirimkan naskah Syarhil Qur’an ke panitia. Naskahnya tak bisa sembarangan, ada sistematika yang ditentukan panitia. Harus ada muqaddimah, permasalahan, dan solusi. Dan semuanya menggunakan bahasa Arab.

Tim bekerja keras menyusun naskah, berkali-kali revisi, tapi Alhamdulillah akhirnya terselesaikan dengan baik”, terang bu Tamhidatul Jannah, S.Ag selaku pembina ekstrakurikuler Arabic Club MAN 2 Ponorogo.Sesuai tema yang diambil dalam lomba ini yaitu “Mengukuhkan Kemampuan Bahasa Arab di Masa Pandemi Korona” besar harapan panitia untuk menanamkan dan menyebarluaskan bahasa Arab sebagai identitas umat Islam, bahasa komunikasi internasional dan juga bahasa ilmu pengetahuan dalam diri para siswa yang mengikuti kegiatan ini.

Hal ini senada dengan apa yang menjadi harapan para pengampu mata pelajaran bahasa Arab, di antaranya ibu Qoimatul Ma’fufah, S.PdI yang menyatakan, “Saya sangat berharap lebih banyak lagi siswa MAN 2 Ponorogo yang memiliki kemauan untuk melatih dan mengembangkan bahasa Arab dengan turut serta dalam lomba-lomba bahasa Arab karena memang bahasa Arab ini penting sebagai alat umat Islam dalam memahami dan mendalami agama Islam”.

Team WEB MAN 2 Ponorogo

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.