KIR Prestasi

Siswa MAN 2 Ponorogo Raih Medali Perak di NIPRO ITS

Ponorogo (1/03), siswa-siswi MAN 2 Ponorogo terus bertabur prestasi. Setelah mendapat medali perunggu dalam event Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), kini siswa MAN 2 Ponrogo torehkan prestasi dalam bidang penelitian sains lagi.

Kali ini, siswa MAN 2 Ponorogo berhasil meraih medali perak dalam event National Innovation Project (NIPRO) ITS Surabaya.

Siswa MAN 2 Ponorogo yang mendapat medali dalam perlombaan tersebut adalah Devin Gelorawan R XI MIPA 2, Amelia Tri Oktavianingtyas XI MIPA 2, dan Nurul Hafizza XI MIPA 3. Ketiganya tergabung dalam satu tim di perlombaan yang diikuti 1.236 peserta dari seluruh wilayah di tanah air.

Dari total peserta yang ikut, panitia kemudian menyaring dan yang dinyatakan lolos masuk final ditetapkan sebanyak 25 tim.

  • Siswa MAN 2 Ponorogo Raih Medali Perak di NIPRO ITS
  • Siswa MAN 2 Ponorogo Raih Medali Perak di NIPRO ITS
  • Siswa MAN 2 Ponorogo Raih Medali Perak di NIPRO ITS

Tahap Grand Final dilaksanakan di Gedung Robotika ITS pada tanggal 29 Februari 2020-1 Maret 2020. Sebelum tahap Grand Final, ada tahapan yang harus dilalui peserta. Tahapan tersebut adalah Pengiriman abstrak, pengiriman Full paper, setelah itu final.

Dalam ajang tersebut, tim MAN 2 Ponorogo yang berhasil lolos masuk final mengangkat hasil karya atau produk “HCHH”. Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang dilombakan diberi judul: Happy Chickens Happy Human’s. “Karya siswa kita masuk dalam kategori inovasi industri,” jelas Amelia, salah satu anggota tim.

Adapun latar belakang mereka membuat inovasi ini adalah melihat Ibu dari Nurul Hafizza,salah satu anggota tim yang mengalami kesusahan dalam pemberian pakan ayam. Amelia mengaku bahwa persiapan yang dibutuhkan memakan waktu 2 bulan di bawah bimbingan Bu Amru Hidayah selaku Pembina Ekstra KIR MAN 2 Ponorogo. “Kami berusaha untuk mempersiapkan event ini semaksimal mungkin”.

Dengan adanya alat HCHH ini diharapkan peternak atau pemelihara ayam lebih terbantu dalam pemberian pakan. Sehingga lebih efektif, dan para peternak atau pemelihara ayam dapat melakukan kegiatan atau kesibukan atau pekerjaan yang lainnya, lanjutnya.

Reporter : Elisa
Editor: Wiretno