Event

Upacara Peringatan Hari Kartini

Upacara Peringatan Hari Kartini
Upacara Peringatan Hari Kartini

Upacara Peringatan Hari Kartini |  Ponorogo, 22/4/19 dalam rangka memeperingati Hari Kartini, madrasah kita mengadakan serangkaian upacara hari kartini dan dimaknai peserta secara khidmat . Hal ini nampak pada senyum-senyum yang merekah dari para peserta. Canda dan tawa serta rasa cinta akan ibu kita Kartini begitu menghiasi lapangan upacara pagi ini. Dengan seragam yang berbeda dari biasanya, yakni mereka mengenakan pakaian batik asli Indonesia menambah rasa kagum dan cinta akan hadirnya peringatan hari Kartini ini.

Meskipun hanya upacara biasa, namun para peserta begitu antusias dan menampakkan kebahagiaan. Tidak hanya itu sisi unik juga menghiasi jalannya upacara pagi ini. Dimana, seluruh petugas upacara adalah seorang perempuan pilihan yang mau menempatkan diri mereka didepan umum. Bahkan, untuk pembina upacaranya juga diambil dari pembina perempuan. Sehingga,  dengan hal tersebut kita telah menunjukkan bahwa kesetaraan gender dan upaya menempatkan hak-hak kaum wanita telah dijunjung tinggi di madrasah  kita.

Beberapa tujuan diadakan acara ini adalah agar kita-kita jangan melupakan sejarah, selain itu kita juga dapat berusaha mengingat jasa-jasa Raden Ajeng Kartini dengan mendoakannya, serta mengingatkan  kita sebagai perempuan dan warga negara Indonesia yang sebenarnya.” Tutur Hastutik Bayinatur R,S.Ag selaku Waka humas MAN 2 Ponorogo sekaligus pemimpin upacara pagi ini. 

Selain menuturkan pesan-pesan yang berharga,  Beliau juga menegaskan kepada para peserta terutama peserta perempuan untuk mengingat lagi hakikat seorang wanita yang sebenarnya. Jangan sampai, karena padatnya kegiatan di sekolah kita meninggalkan kewajiban kita sebagai seorang perempuan di rumah . Sehingga perlu adanya penempatan yang proporsional dalam mengelolanya .

Sebagai warga negara Indonesia kita perlu mendukung emansipasi wanita. Dimana, hak-hak kaum wanita sama-sama kita junjung tinggi keberadaanya . Dengan penempatan-penempatan yang bijaksana kita akan mampu mewujudkan kesetaraan tersebut. Hal ini sesuai dengan harapan salah satu peserta upacara pagi ini. “Saya berharap, para wanita-wanita di seluruh Indonesia mampu mengembangkan segala kemampuan diri secara bebas tanpa adanya tekanan, karena saya yakin bahwa wanita Indonesia adalah wanita yang memiliki potensi yang luar biasa” tutur Adlina Sahria .

Penulis berita:Afnan R.S
Editor : w12n
Pewawancara:Pratama
Juru kamera: Syafira aprilia, shema

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: