University Festival MAN 2 Ponorogo

University Festival MAN 2 Ponorogo
University Festival MAN 2 Ponorogo

MAN 2 PONOROGO – Universitas Festival MAN 2 Ponorogo adalah acara yang diadakan oleh IAMA (Ikatan Alumni  Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo). Acara yang diikuti oleh seluruh siswa mulai kelas X hingga kelas XII ini bertujuan untuk memotivasi mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Melalui kegiatan ini siswa difasilitasi untuk lebih mengenal dan memahami ragam sekolah lanjutan (perguruan tinggi) berikut fakultas dan program studi yang ditawarkan. Direncanakan acara ini akan diselenggarakan lebih meriah dari tahun ke tahun. Seperti tahun ini yang dimeriahkan dengan adanya Inspiration People, Try Out & Strategi masuk PTN, serta Lomba Stand Up Comedy. Tidak seperti tahun lalu yang hanya diisi dengan Campus Fair saja. Acara ini berlangsung mulai pukul 07.00 – 13.00 WIB . Yang dimulai dengan upacara pembukaan dengan simbolis pelepasan balon ke udara oleh Kepala MAN 2 Ponorogo yang dimaksudkan  melambangkan angan dan cita-cita siswa-siswi MAN 2 Ponorogo di massa depan.

Acara ini berlangsung sangat meriah dengan sambutan hangat para alumni pada stan-stan kampus mereka. Ada sekitar 40 Universitas yang bergabung dalam acara ini, namun demikian masih ada beberapa universitas yang belum tergabung. Mereka berharap di tahun mendatang bisa  lebih banyak lagi terutama  dari kampus-kampus yang banyak diminati para siswa, dengan cara memperluas relasi dengan mereka. Kampus fair ini dilaksanakan pada tanggal 24 – 25  Januari 2016, di hari  pertama yakni pada hari Sabtu diisi acara Inspiration People  dan di lanjutkan lomba Stand Up comedy serta Try Out pada hari kedua sebagai acara penutup.

University Festival MAN 2 Ponorogo
University Festival MAN 2 Ponorogo

Adapun 40 kampus tersebut antara lain :

  1. UIN Jakarta
  2. IAIN Surakarta
  3. ISI Yogyakarta
  4. PKN STAN
  5. UNICOM Bandung
  6. Universitas Sebelas Maret
  7. Universitas Negeri Jember
  8. Institut Pertanian Bogor
  9. Universitas Negeri Semarang
  10. IAIN Surakarta
  11. Universitas Udayana Bali
  12. Universitas Terbuka
  13. UPN Veteran Surabaya
  14. Poltekes Surabaya
  15. PENS Surabaya
  16. Institut Teknologi Surabaya
  17. UIN Sunan Ampel Surabaya
  18. Universitas Airlangga Surabaya
  19. Universitas Negeri Surabaya
  20. UIN Sunan Kalijaga
  21. Universitas Negeri Yogyakarta
  22. Universitas Gajah Mada
  23. Poltek Kemenkes Malang
  24. STIKES Widyagama
  25. STIE Malang
  26. Polinema Malang
  27. UIN Malang
  28. Unmuh Malang
  29. Universitas Islam Malang
  30. Universitas Brawijaya
  31. Universitas Negeri Malang
  32. Akbid Kediri
  33. IKIP PGRI Madiun
  34. STAI Madiun
  35. Poli Teknik Negeri Madiun
  36. Unmer Madiun
  37. Unmuh Ponorogo
  38. STAIN Ponorogo
  39. UNU Ponorogo
  40. STIKIP Ponorogo

 

MAN 2 PONOROGO –Memasuki  Hari kedua acara Unifersity Festival berlangsung sangat meriah. Kegiatan yang di selenggarakan pada tanggal 24 Januari 2016 ini memiliki berbagai macam acara yaitu : Campus Fair, Inspiration People, Try Out & Strategi masuk PTN, & Lomba Stand Up Comedy. Semua acara berjalan lancar dan penuh antusias dari siswa siawi yang tidak hanya berasal dari MAN 2 Ponorogo, namun dari berbagai sekolahan.

“Tujuan mengikuti acara UNFES, untuk mengisi waktu luang di hari minggu agar menambah pengalaman dan pengetahuan untuk melanjutkan ke universitas yang diinginkan nanti, dan acara yang menarik ini kalo bisa ditahun depan diadakan lagi.”  Pendapat peserta Try Out Ummi Laila dari MAN Kembang Sawit,

Acara besar  yang diselenggarakan oleh IAMA (Ikatan Alumni Man Dua Ponorogo) ini perlu mendapatkan apresiasi. Mereka para panitia IAMA bekerja keras untuk menyukseskan dua hari kegiatan UNFES ini, hingga mampu dihadiri oleh berbagai perwakilan dari  Kampus se-Indonenesia. Acara Inspiration People bersama Resya Taufiqurahman, S.Pi dari delegasi Indonesia dalam kegiatan Jenesys Program di Tokyo Jepang  merupakan salah satu acara UNFES yang mampu menginspirasi dan memberikan berbagai ilmu mengenai sukses di masa depan. Pada acara Campus Fair para peserta  dapat mengunjungi berbagai stan dari Universitas se-Indonesia dan  bisa   saling bertanya/sharing mengenai Universitas yang diinginkan. Selanjutnya acara Stand Up Comedy Competition yang dilaksanakan di GOR MAN 2 Ponorogo tidak kalah menariknya, ramai, penuh canda tawa dari para komika yang berkompetisi dengan para audience.

Alumi MAN 2 Ponorogo Muhammad Zainul Samsul Muarif dari Universitas Negeri Jember, Study Ilmu Keperawatan memberikan komentar “Acaranya lumayan bagus, dan  kalo bisa diselenggarakan setiap tahun. Selain mengenalkan universitas yang ada juga mengenalkan MAN 2 Ponorogo yang mempunyai alumni di berbagai universitas baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.” jelasnya

Semua acara diatur sedemikian rupa agar para pelajar SMA/MA tertarik dan termotivasi  dalam  menentukan masa depannya untuk melanjutkan di Universitas yang mereka inginkan. UNFES yang memasuki tahun kedua 2ini  lebih baik dari tahun sebelumnya, karena kegiatanannya lebih beragam.

“Untuk alumni yang belum bergabung dalam acara ini hendaknya bisa cari atau ditelusuri jejaknya via media untuk diketahui keberadaannya, karena alumni MAN 2 Ponorogo banyak yang sukses, namun belum bisa berpartisipasi semuanya dan kedepanya diharapkan lebih banyak lagi yang bergabung dan dihadirkan di acara ini.” Ujar Yonatan Yolius Anggara dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Diharapkan acara seperti ini bisa terus terlaksanakan untuk tahun-tahun selanjutnya, serta dihadiri lebih banyak lagi dari para alumni IAMA diberbagai bidang dan kalangan. Begitu juga  harapannya antusias dari para peserta dalam mengikuti kegiatan seperti ini agar acara dapat berjalan lebih baik.

University Festival MAN 2 Ponorogo
University Festival MAN 2 Ponorogo

Hasil wawancara alumni

  1. Nama Muhammad Zainul Samsul Muarif dari Universitas Negeri Jember, Study Ilmu Keperawatan. Acaranya lumayan bagus, dan wajib kalo bisa diselenggarakan tiap tahunya. Selain mengenalkan universitas yang ada juga mengenalkan MAN 2 Ponorogo mempunyai alumni di berbagai universitas baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Pesan Kesan di MAN 2 Ponorogo : merupakan madrasah yang baik, akreditasinya juga baik, terbukti banyak alumni yang bisa melanjutkan kuliah diberbagai universitas. Kesan Pesan UNFES: Kegiatan tahun ini lebih menarik lebih banyak dihadiri dari para peserta dari pihak luar MAN. Harapan IAMA :semoga kedepanya banyak alumni yang dulunya belum gabung bisa gabung bisa mengadakan acara lain untuk menyatukan alumni di berbagai kota yang berkuliah.
  1. Nama Yonatan Yolius Anggara dari Universitas Yogyakarta, Acara perlu dilaksanakan dan harus tetap dilaksanakan karena ini suatu ajang untuk memberikan informasi yang mana dapat memotivasi adek kelas untuk senantiasa berani keluar menuntut ilmu bukan hanya disini saja. Pesan kesan waktu masih sekolah di MAN 2 Ponorogo : disini itu tidak hanya sekolah akademitis tetapi juga secara non akademis secara sekolah kehidupan bayak hal yang di dapat di MAN 2 Ponorogo. Pesan Unfes: untuk alumni lebih di kontak dan diberitahu lebih banyak lagi padahal alumni MAN 2 banyak yang sukses namun belum bisa berpartisipasi dan kedepanya diharapkan untuk bergabung dan dihadirkan. Kesannya sangat luar biasa dari para panitia IAMA dan peserta saling bekerja sama hingga lebih baik lagi.
  1. Nama Ummar Kusuma Hadi dari Universitas Gadjah Mada D3 Kepariwisataan. Konsep acara sudah bagus tapi kurang publikasi sehingga partisipasi dari peserta berkurang. Pesan kesan di man 2 ponorogo : bangga karena mempunyai banyak prestasi selain mendapat ilmu juga memdapat ilmu keagaamaan yang tidak di dapat di sekolah umum dan biayanya cukup murah. Kesan: Bagus untuk kedepanya perisiapanya lebih dipersiapkan lagi karena melibatkan orang luar jadi membawa citra sekolah MAN 2 Ponorogo.
  1. Nama Alvian Mustafawira dari jurusan Ppkn Universitas Negeri Malang Alumni 2013. Tahun kedua ini peningkatan lebih luar biasa, lebih asyik, salut untuk panitia UNFES. Pesan Kesan sekolah di MAN 2 PO , untuk menjadi sukses nggak perlu pinter namun lebih dibanyakin pengalaman itu yang sangat penting . banyakin pengalaman, banyakin temen, banyakin organisasi. Harapan IAMA selanjutnya bukan hanya alumni yang berkuliah saja yang ikut berpartisipasi kedepannya yang sudah lulus untuk alumni yang lain tetap menyemarakan ikut gabung aja biar kekeluargaanya tetap menyatu dan tidak menjauh.
  1. Nama Sanding Tyas Palupi jurusan perpajakan Universitas Brawijaya. Komentar membuka kesempatan untuk adek-adek Man 2 ponorogo biar tahu dan membuka hati mereka untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Pesan Kesan di MAN 2 Ponorogo selain di ajarkan secara akedemik namun diajarkan tentang keagamaan dan akhlak pengetahuan bertambah namun berakhlakul karimah. Saran lebih di gali lagi karena acara ini besar namun antusias dari peserta itu sedikit banget, padahal alumni nya cukup semangat mengikuti acara ini.

For More Picture Click Here

Admin Mandapo

MAN 2 PONOROGO
Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.