MAN 2 Ponorogo Laksanakan UNBK

MAN 2 Ponorogo Laksanakan UNBK
MAN 2 Ponorogo Laksanakan UNBK

manduaponorogo.sch.id – MAN 2 Ponorogo Laksanakan UNBK. Hari ini, Senin, 4 April 2016, MAN 2 Ponorogo untuk pertama kalinya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau juga dinamakan CBT (Computer Based Test). UNBK yang diselenggarakan di MAN 2 Ponorogo diikuti oleh seluruh siswa-siswi MAN 2 Ponorogo. Selain Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), MAN 2 Ponorogo juga menyelenggarakan UN model PBT (Paper Based Test) yang diikuti oleh 203 siswa-siswi dari MA KKM MAN 2 Ponorogo, yang terdiri dari MA Ma’arif Klego, MA Muhammadiyah 3 Jetis, MA Dipokerti Coper, MA Arjowinangun Jetis, MA Muhammadiyah 4 Beton, MA Al Ihsan, MA Hudatul Muna 1, MA Muhammadiyah 7 Bungkal, MA Al Hidayah, MA PGRI Gajah, MA Diponegoro, MA Joyonegoro, MA Hasan Munadi, MA Manbaul Huda, MA Al Hasanah, dan MA Nurul Qolbi.

Berbeda dengan UN model PBT (Paper Based Test/ UN tulis), yang pelaksanaannya berlangsung selama 3 hari, UNBK akan dilaksanakan dalam waktu 6 hari. Pelaksanaannya dimulai pada hari ini, dengan jadwal Bahasa Indonesia dan direncanakan akan berlangsung sampai pada hari Selasa, 12 April 2016 dengan pelajaran bahasa Inggris. Sementara untuk hari Jum’at dan Sabtu tanggal 8 – 9 April 2016, bisa dimanfaatkan siswa sebagai hari tenang untuk mempersiapkan diri pada hari ujian berikutnya.

MAN 2 Ponorogo merupakan satu-satunya MA di wilayah Kabupaten Ponorogo yang menyelenggarakan UNBK. Meski UNBK baru pertama kali dilaksanakan di MAN 2 Ponorogo, kesiapan yang matang bisa dilihat dari lancarnya pelaksanaan pada hari pertama.

Sebanyak 364 siswa dari jurusan IPA, IPS dan Agama, melaksanakan UNBK yang dibagi dalam 3 sesi. Masing-masing sesi disediakan 5 ruangan. 4 ruangan disiapkan untuk pelaksanaan ujian dan 1 ruang disiapkan sebagai ruang cadangan. Sebelumnya, berbagai persiapan telah diupayakan untuk mewujudkan lancarnya pelaksanaan UNBK tahun ini, yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jaringan internet dan perangkat komputer yang memadai telah disiapkan jauh-jauh hari. Proktor- proktor dan tenaga teknisi komputer yang handal juga disiapkan pihak madrasah untuk mengawal lancarnya pelaksanaan UNBK. Untuk mengantisipasi padamnya aliran listrik, MAN 2 Ponorogo juga menyediakan jet set yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu.

Sudah menjadi komitmen seluruh civitas akademi MAN 2 Ponorogo untuk melaksanakan UNBK secara jujur dan berintegritas. Karena itu, selain sarana-prasarana, siswa-siswi peserta UNBK juga sudah disiapkan untuk mahir dalam mengoperasikan komputer, kesiapan akademis melalui tambahan bimbingan belajar di sore hari, dan kesiapan mental, rasa percaya diri yang tinggi dalam mengerjakan soal-soal UNBK. Angin kejujuran, kemandirian, dan integritas yang tinggi terus dihembuskan oleh bapak/ ibu guru kepada seluruh siswa. Hal ini sebagai langkah nyata untuk mewujudkan visi MAN 2 Ponorogo, yaitu mencetak generasi RUBI (Religius, Unggul, Berbudaya, dan Integritas).

Dan pada hari ini, meski untuk pertama kalinya melaksanakan UNBK, rona tenang tanpa ketegangan menghiasi wajah siswa-siswi kelas XII MAN 2 Ponorogo. Kondisi ini menggambarkan betapa siapnya mereka mengerjakan soal-soal UNBK. Mereka sadar, banyaknya varian soal dalam satu ruang tidak memungkinkan untuk saling berbagi jawaban dengan temannya. Terlebih lagi kejujuran telah menjadi komitmen siswa-siswi MAN 2 Ponorogo untuk mendapatkan hasil yang memberkahi. GOOD LUCK untuk siswa-siswi MAN 2 Ponorogo. (Tim Web Mandapo)

Admin Mandapo

MAN 2 PONOROGO Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.