Diklat KTI dan Jurnalistik, KIR dan Team Web

Diklat KTI dan Jurnalistik, KIR dan Team Web
Diklat KTI dan Jurnalistik, KIR dan Team Web

Manduaponorogo.sch.id | Senin 22 Agustus 2016. Untuk menyambut anggota KIR baru dan reformasi pengurus web dan KIR. Kemarin tepatnya pada Jum’at 19 Agustus sampai Ahad 21 Agustus 2016. KIR MAN 2 Ponorogo mengadakan acara Diklat KTI dan Jurnalistik yang mengambil tema “Cara cerdik populerkan madrasah untuk tingkatkan animo masyarakat

Acara diklat kali ini diadakan untuk melatih jiwa kepemimpinan, berlatih menulis KTI, dan memahami struktur pembuatan berita” ungkap Febrianto selaku ketua umum web MAN 2 Ponorogo disela-sela acara diklat. Rangkaian acara dimulai hari Jum’at sekitar pukul 14.00, dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh kepala MAN 2 ponorogo, Bapak Nasta’in S.Pd.,M.Pd.I dengan sangat khitmat. Beliau menyampaikan tentang harapan agar seluruh peserta diklat mampu menumbuhkan minat baca dan menulis dalam kehidupannya, karena kedua hal tersebut yang nantinya akan sangat berperan penting untuk mengantarkan mereka pada kesuksesan. Setelah melalui rangkaian upacara pembukaan, materi diawali oleh motivasi dari Bapak Drs. H. Siswo Widodo, MM. Selaku Kasi Pendidikan dan Madrasah Kemenag. Beliau berpesan agar para peserta diklat pantang menyerah, berani mencoba hal-hal baru, dan jangan pernah takut pada kegagalan. Acara motivasi berjalan amat santai dan tidak monoton, mantan guru fisika ini terkesan tidak menggurui saat menyampaikan materi, justru Beliau menjadi sahabat bagi para pendengarnya.

Untuk malam harinya setelah shalat magrib dan makan bersama, peserta diklat mendapat materi sekaligus praktek langsung dalam pembuatan video dan IT dari Bapak Bhanu dan Bapak Edy, kedua ahli IT yang menyalurkan segala ilmunya malam itu. Peserta diklat terlihat sangat bersemangat saat praktek pembuatan video dimulai, sebagian dari mereka bahkan sampai mengorbankan waktu istirahat yang diberikan panitia demi menghasilkan video yang paling menarik. Begitu pula saat Bapak Edy melakukan praktek IT yang saat itu berkaitan dengan Microsoft Word untuk pembuatan KTI. Para peserta antusias bertanya, walau sempat merasa kesulitan namun akhirnya para peserta dapat mempraktekkan materi tersebut dengan sangat baik.

Memasuki hari diklat kedua, setelah mengikuti KBM Madrasah para peserta langsung berkumpul kembali untuk mendapatkan materi terkait kejurnalistikan yang disampaikan Bapak Sutejo, M.Hum seorang sastrawan sekaligus seniman hebat milik Indonesia. Beliau menyampaikan banyak hal tentang dunia kejurnalistikan, beliaupun memberikan beberapa kali praktek kepenulisan baik membuat artikel, puisi, anekdot, dan berita. Lelaki yang rendah hati ini dan humoris ini memberikan apresiasi kepada dua berita terbaik dalam setiap topik yang beliau pilihkan dengan memberikan buku ciptaan Beliau. Selain memberikan pelatihan jurnalistik, Beliau juga memberikan motivasi tentang kesuksesan menulis dan membuat seluruh peserta diklat sekaligus panitia menitikkan air mata saat beliau berbicara tentang Ayah, sosok pahlawan hebat yang sering kita lupakan.

Dihari terakhir setelah shalat shubuh dan olahraga bersama, diadakan acara orasi calon ketua Web dan KIR. Walau sempat ada beberapa kali perubahan calon ketua, seluruh calon mampu menyampaikan visi misi nya dengan sangat bersemangat membakar pagi yang dingin saat itu. Setelah acara orasi berlangsung, diadakan pemilihan secara langsung untuk ketua Web dan KIR. Mengawali pagi itu, saatnya para fotografer MAN 2 Ponorogo beraksi. Bapak Dimas Bagus Kristianto memberikan banyak pengarahan tentang foto jurnalistik, karakteristik foto, dan juga jenis fotonya. Selain itu baik anak KIR, Web, dan fotografi diberikan praktek dengan memegang dan mengoprasikan kamera. Setiap anak mendapat kesempatan untuk membidik langsung objek pilihannya.

Setelah puas bermain dengan kamera, kini saatnya materi tentang KTI (Karya Tulis Imiah) yang disampaikan langsung oleh dua guru cantik pembimbing KIR MAN 2 Ponorogo, yakni Bu Amru dan Bu Yulis K, S.Pd.. Beliau menyampaikan tentang KIR, dasar-dasar KTI dan essay, dan cara merancang tulisan ilmiah. Pada sesi praktek para peserta diklat langsung dibagi kelompok untuk menulis proposal KTI atau essay yang nantinya akan diseleksi untuk mengikuti salah satu dari lima lomba besar pada bulan september. Dalam sesi ini juga dipilih beberapa anak yang masuk dalam tim web MAN dua Ponorogo, mereka lansung dibimbing untuk berkenalan dengan web, dan belajar tentang blogger oleh Bapak Edi selaku admin web MAN dua Ponorogo.

Setelah melewati beragam sesi materi yang padat, akhirnya tibalah pada upacara penutupan yang dipimpin oleh WAKA Kesiswaan, Bapak Nyamiran, S.Pd., M.Pd.I. Beliau juga menyampaikan beberapa wejangan yang sangat bermanfaat bagi peserta diklat. Selain upacara penutupan, diadakan pula acara reformasi pengurus ketua web dan KIR terpilih masa jabatan 2016/2017, setelah pembagian sefikat sekitar pukul 16.30 seluruh rangkaian acara selesai dan peserta diklat dapat kembali ke rumah untuk menyiapkan diri berkarya dimasa mendatang. Semangat jurnalis muda!!, Mengenal Dunia Dengan Karya!!, Berkarya Tanpa Batas!!.

Admin Mandapo

MAN 2 PONOROGO Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.