Penyembelihan Hewan Kurban dan Bakti Sosial

Penyembelihan Hewan Kurban dan Bakti Sosial MAN 2 Ponorogo
Penyembelihan Hewan Kurban dan Bakti Sosial MAN 2 Ponorogo

manduaponorogo.sch.id | Ponorogo, 13 September 2016, Penyembelihan Hewan Kurban dan Bakti Sosial Majlis Ta’lim Ulul Albab MAN 2 Ponorogo di Pudak Pulung. Tepat jam 07.00 WIB rombongan Majlis Ta’lim Ulul Albab MAN 2 Ponorogo berangkat menuju Pudak Pulung. Bertempat di SMPN Pudak, Ds. Banjarejo rombongan ini menggelar bakti sosial dan penyembelihan hewan Qurban. Kegiatan yang dikemas selama 2 hari ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari raya idul adha. Keteladanan berqurban dari kisah nabi Ibrahim dan Ismail, diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada siswa-siswi MAN 2 Ponorogo tentang makna qurban yang sebenarnya. Disamping itu, bakti sosial dan penyembelihan hewan qurban ini juga ditujukan sebagai bentuk syiar kepada masyarakat tentang pentingnya berbagi dengan sesama dan keikhlasan untuk berqorban. Sebagaimana dituturkan pak Ali, selaku pembina Majlis Taklim Ulul Albab, “Alasan mengapa kita memilih pudak sebagai lokasinya karena ingin membangkitkan keinginan berqurban bagi masyarakat dan karena kebanyakan pelajar di Pudak tidak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini, terbagi dalam rangkaian sebagai berikut:
Hari pertama, Lomba keagamaan seperti adzan, tartil, dan hafalan Al-Qur’an serta pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Tarsana yang ditujukan untuk siswa kelas 7 & 8 SMPN Pudak. Setelah itu siswa-siswi ini dikenalkan dengan profil MAN 2 Ponorogo. Harapannya, mereka akan termotivasi untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Sore harinya diadakan pelatihan pengolahan limbah kotoran hewan dan pembuatan pakan alternatif untuk meningkatkan kualitas hewan ternak. Bapak Tomi, selaku aktivis dari Lembaga PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) didaulat untuk memberikan pelatihan. Malam harinya digelar pengajian yang diisi oleh Bapak Tajul, yang memberikan wawasan dan pemahaman berqurban. Acara semakin semarak dengan pertunjukkan hadroh yang dibawakan oleh group hadroh Majlis Taklim Ulul Albab. “Acara ini sangat bagus sekali karena dapat memberikan pemahaman dan motivasi bagi masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Harapan saya semoga acara ini dapat diadakan lagi tahun depan. Saya bisa melihat antusias masyarakat yang luar biasa, karena selama ini belum ada acara sebesar ini,” tutur pak Suwindo warga asli Dsn. Krajan

Keesokan harinya kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban, yang terdiri dari 2 ekor sapi. Penyembelihan hewan qurban bertempat di SMP Negeri Pudak dan di Dsn. Krajan Ds. Banjarejo. Selain penyembelihan hewan qurban, juga digelar kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako dan baju layak pakai bagi masyarakat. Mengakhiri rangkaian kegiatan ini, dimeriahkan dengan OUT BOND siswa yang diisi oleh PRAMUKA MAN 2 (PRAMANDA). “ Kami menerima positif kegiatan ini dan kami ucapakan terima kasih kepada keluarga besar MAN 2 PONOROGO yang telah mengadakan serangkaian acara yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya siswa SMPN PUDAK. Semoga acara ini menjadi motivasi agar siswa SMP kami mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan semoga kerjasama ini terus berlanjut.” Tutur kepala sekolah SMPN Pudak.

reporter: team web man2po

editor : yln

more picture here

Admin Mandapo

MAN 2 PONOROGO Religius, Unggul, Berbudaya, Integritas.