Raihan Juara MAN 2 Ponorogo di KSM Tingkat Kabupaten

Raihan Juara MAN 2 Ponorogo di KSM Tingkat Kabupaten

Prestasi
Raihan Juara MAN 2 Ponorogo di KSM Tingkat Kabupaten
Raihan Juara MAN 2 Ponorogo di KSM Tingkat Kabupaten


manduaponorogo.sch.id | Raihan Juara MAN 2 Ponorogo di KSM Tingkat Kabupaten
. Ponorogo 31/05/2018, Kompetensi Sains Madrasah atau KSM tingkat kabupaten kembali digelar. MAN 2 Ponorogo didaulat menjadi tuan rumah. “Alhamdullah, MAN 2 Ponorogo terpilih sebagai tuan rumah diselenggarakannya KSM pada tahun ini. Semoga kompetisi ini berjalan dengan sangat baik dan tetap  menjaga sportifitas”  ujar Bapak Siswo Widodo, selaku KASIPENMA KEMENAG Ponorogo.

Lebih lanjut, beliau juga mengungkapkan, “Di tahun kelima ini, KSM mengalami peningkatan, baik dalam model ujiannya maupun proses pendaftarannya. Adanya soal model HOTS (High Order Thingking Skill) yang digunakan dalam ajang kompetensi ini menuntut peserta untuk giat berlatih mempersiapkan diri. Sementara itu, berbeda dengan tahun yang lau, sistem pendaftaran pada tahun ini berbasis online, dengan jadwal pelaksan serentak se-Indonesia. Tujuan utama dari KSM ini adalah untuk mewadahi siswa madrasah yang mempunyai prestasi di bidang akademik.

Untuk tahun ini MAN 2 Ponorogo berhasil meraih 9 kejuaran. Lima di antaranya berhasil mewakili Ponorogo menuju KSM provinsi. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran pembina olimpiade, yaitu Ibu Ambarwati. Beliau berharap akan semakin banyak siswa-siswi MAN 2 Ponorogo yang mendapat juara dan lolos tingkat nasional.

Sementara itu, Maha Yudha Samawi, salah satu peserta KSM menyatakan bahwa persiapan yang dilakukannya sekitar 1 bulan dengan pendampingan intensif sekitar 2 minggu meliputi disiplin ilmu sesuai bidang studi dan agama. Ia juga mengatakan keterkejutannya dalam mengikuti KSM tahun ini. “Menurut saya KSM tahun ini cukup mengejutkan. Kalau dilihat dari tipe soal, tahun ini semua soal penyisihan kabupaten berbentuk integrasi. Berbeda dengan tahun lalu yang dibagi menjadi tiga bentuk soal, yakni soal sesuai bidang, agama dan integrasi. Hal ini membuat bayak peserta terkejut dengan soal yang diluar ekspektasi mereka.” Meskipun begitu, siswa yang duduk di kelas program empat semester (P4S) ini juga berharap agar bobot soal KSM semakin ditingkatkan mengingat ajang ini merupakan tolak ukur kualitas suatu madrasah.

Berikut ini merupakan raihan juara MAN 2 Ponorogo di ajang KSM Tingkat Kabupaten Ponorogo :

Juara 1 Ekonomi terintegrasi tingkat MA oleh Bagus Setiyo Budi

Juara 2 Geografi terintegrasi tingkat MA oleh Widya Nurreni Astuti

Juara 3 Geografi terintegrasi tingkat MA oleh Arifin Ramdhani

Juara 1 Fisika terintegrasi tingkat MA oleh Choirina Alivia

Juara Harapan 1 fisika terintegrasi tingkat MA oleh Wikhdatul Ummi Khairatul Walidain

Juara 3 Kimia terintegrasi tingkat MA oleh Galih Mustiko Aji

Juara 1 Biologi terintegrasi tingkat MA oleh Maha Yudha Samawi

Juara Harapan 1 biologi terintegrasi tingkat MA oleh Daning Dwi Novitasari

Juara Harapan 3 biologi terintegrasi tingkat MA oleh Tinon Kartikaning Pratiwi

 

Reporter : Syifa & Erisa
Editor: Yuliana, S.Psi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.