Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia

Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia

Event OSIS

Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia. Po, 17/08, MAN 2 Ponorogo mengisi Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73 ini dengan mengadakan serangkaian acara. Acara tersebut adalah upacara kemerdekaan, lomba paduan suara, dan turut serta dalam Upacara Ziarah Nasional. Kegiatan bertajuk “Kerja Kita, Prestasi Bangsa” ini dilaksanakan di Lapangan depan Gor MAN 2 Ponorogo. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi beserta seluruh staf guru MAN 2 Ponorogo. Acara dimulai dari Upacara Kemerdekaan, kemuadian dilanjutkan dengan Lomba Paduan Suara, dan yang terakhir Upacara Ziarah Nasional.

Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia
Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia

Acara yang pertama adalah Upacara kemerdekaan. Upacara dimulai pada pukul 07.00. Petugas upacara diserahkan kepada anggota OSIS, beberapa guru, dan pasukan paskibraka MAN 2 Ponorogo. Upacara dilaksanakan layaknya upacara seperti biasanya, perbedaan terletak pada pembacaan teks proklamasi, detik-detik proklamasi, dan menyanyikan Lagu Hari Merdeka oleh seluruh peserta upacara.

Acara dilanjutkan dengan Lomba Paduan Suara antar angkatan. Lomba Paduan Suara dimulai dari penampilan dari kelas sepuluh, sebelas, dan yang terakhir kelas dua belas. Pemenang dipilih berdasarkan suara terbanyak dari guru-guru. Lomba Paduan Suara ini bertujuan untuk meningkatkan patriotisme dan nasionalisme untuk tanah air.

Setelah acara di ruang lingkup MAN 2 Ponorogo, dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional yang diadakan di Makam Pahlawan. Dalam upacara tersebut, diikuti oleh perwakilan dari beberapa sekolah termasuk MAN 2 Ponorogo, sejumlah angkatan TNI, dan beberapa tamu yang berasal dari kalangan pejabat negara. Perwakilan dari MAN 2 Ponorogo yaitu sejumlah 60 siswa yang tergabung dalam Dewan Ambalan.

Serangkaian kegiatan pada Jum’at, 17/08/18 berlangsung khidmat, penuh nasionalisme, namun tidak membosankan. Sehingga siswa-siswi mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias tinggi. Hal ini sesuai dengan tujuannya yaitu mengingatkan pentingnya rasa kesatuan bahwa negeri ini diperjuangkan oleh para pahlawan yang tidak mudah atau murah sehingga merupakan perjuangan yang luar biasa, perlu diingatkan dan disampaikan kepada siswa-siswi MAN 2 Ponorogo. Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan siswa-siswi dapat menjadi orang yang dapat berpengaruh bagi bangsa. Hal ini tentu harus dibarengi dengan menyiapkan kualitas diri dalam hal yang positif. Karena tanpa kualitas, kita hanya akan menjadi beban dan sampah masyarakat.

Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia

Saya tidak henti-hentinya berharap, siswa kita adalah masa pembelajaran, semua punya potensi, semua punya bakat dibidangnya masing-masing. Tidak bisa seketika kita menuntut semua harus bernilai 9. Semua potensi dan bakat yang dimiliki harus dikembangkan dengan maksimal. Karena dengan cara itulah kita akan meningkatkan kualitas diri kita, sehingga dapat berpengaruh dan berguna bagi bangsa,” ujar Bapak Nasta’in, selaku kepala sekolah.

Upacara pada pagi hari ini merupakan upacara rutin yang diadakan MAN 2 Ponorogo dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73. Selain itu ada pula kegiatan yang yang baru kali ini diadakan MAN 2 Ponorogo, yaitu Lomba Paduan Suara antar angkatan. Kami semua sangat antusias mengikuti upacara kali ini,” ujar Fauly kelas XI IPS 1, salah satu peserta dalam kegiatan ini.

Reporter: Syifa Zakiyah, Amaliyah Safira, Dani Bintang, Anisa Fanes.
Editor: yuliana

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.