Event Pramuka

Pramuka MAN 2 Ponorogo Adakan Ujian SKU Laksana dengan Sistem Daring

Ponorogo (8/07)- Pramuka MAN 2 Ponorogo mengadakan ujian SKU Laksana dengan sistem daring bagi seluruh calon pengurus Dewan Ambalan. Ketua Dewan Ambalan Putra, Dwi Mahfud Annas, menuturkan bahwa ujian ini di laksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sampai pada titik mana kemampuan dan pengetahuan calon pengurus Dewan Ambalan.

“Ini merupakan kegiatan tahunan. Ujian ini dimaksudkan guna mengetahui kemampuan dan pengetahuan calon generasi baru di Pramanda. Ujian ini di ikuti oleh 82 peserta”, ujar siswa kelas Agama tersebut.

Ujian dengan sistem online dipilih demi menerapkan prinsip social distancing di tengah pandemic covid-19 tanpa mengurangi kehidmatan kegiatan tersebut.

“Meskipun ujian dilaksanakan secara online, kami tetap menyuguhkan tingkat kesulitan yang sama dengan ujian laksana tatap muka pada soal ujian. Sehingga peserta didik tetap dapat memperoleh dorongan untuk mencapai kecakapan”, ujarnya.

Calon pengurus Dewan Ambalan mengerjakan 50 butir soal pilihan ganda dengan waktu 120 menit. Ujian dilaksanakan pada satu hari dan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Salah satu calon pengurus Dewan Ambalan, Indra Dwi Aprianto menuturkan bahwa kegiatan berjalan cukup menyenangkan dan juga cukup bermanfaat. “Kegiatanya cukup bermanfaat dan cukup menyenangkan karena saya bisa lulus”, imbuhnya.

Pembina Pramuka MAN 2 Ponorogo, Syaiful Hermawan mengungkapkan kebanggaanya kepada pengurus Dewan Ambalan masa bakti 2019/2020 karena tetap melaksanakan Ujian SKU Laksana walaupun di tengah pandemic Covid-19.

“kami merasa bangga terhadap anak-anak Dewan Ambalan masa bakti 2019/2020 karena dalam masa pandemic seperti ini mereka tetap berkreatifitas, berinovasi, dan tetap menjalankan program tahunanya, yaitu Ujian SKU Laksana dengan amanah”, tuturnya.

Beliau juga menambahkan pesan kepada calon pengurus Dewan Ambalan agar ilmu yang diperoleh, dapat di terapkan di masyarakat. Calon pengurus Dewan Ambalan mengikuti ujian dengan tertib tanpa ada kendala yang berarti. Ujian dilaksanakan selama sehari dan bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan calon pengurus Dewan Ambalan.

Reporter: Pengurus Pramanda

Editor: Wiretno