Profile Man 2 Ponorogo

Profile Man 2 Ponorogo
Profile Man 2 Ponorogo

PROFIL MAN 2 PONOROGO

 

  • Nama Madrasah :    MA Negeri 2 Ponorogo
  • Alamat :    Soekarno Hatta No. 381 Ponorogo
  • Propinsi :    Jawa Timur
  • Telp :    (0352) 481168
  • Nama Kepala Madrasah :    Nastain, S.Pd, M.Pd.I
  • PJ Program Adiwiyata :    Wasis
  • Email Madrasah :    man2ponorogo@gmail.com
  • Website :   http://manduaponorogo.sch.id/

 

MAN 2 Ponorogo terletak di Kabupaten Ponorogo berada di lingkungan perkotaan, di seberang sebelah utara jalan  terdapat pabrik es balok, di sebelah timur jalan berdekatan dengan  Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 2, di depannya berderet Kios  Bunga, dan sebelah selatan terdapat Taman Kota yang disebut Taman Sukowati. Lingkungan MAN 2 Ponorogo adalah lingkungan yang sejuk, rindang dan asri, ini dikarenakan banyaknya tanaman yang tumbuh subur dan besar dihalaman depan dan tengah, belum lagi banyak tanaman yang menghiasi setiap sudut dan depan setiap ruangan dan kelas, baik dari tanaman hias, tanaman toga, tanaman sayur mayurnya. Kondisi tersebut mampu menciptakan kondisi yang nyaman, sejuk, sehingga warga MAN 2 Ponorogo mampu mengekplorasikan diri, baik bagi siswa dalam belajar maupun bagi guru dan karyawan dalam bekerja. Yang menjadi ciri khas Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 2 Ponorogo adalah  (RUBI) yaitu Religius Unggul Berbudaya Lingkungan dan Integritas,di MAN2 Ponorogo suasan Religius sangat keliatan sekali yakni  diawal masuk kelas selalu dikumandangkan ayat-ayat suci Al-quran dilanjutkan Asmaul Husna, dilaksanakan sholat Dhuha diwaktu istirahat pertama,dhuhur berjamaah,ngaji kitab kuning,majelis taklim,unggul dalam segala kegiatan,serta berbudaya lingkungan yang sejuk dan asri dengan dibudidayakan tumbuhan-tumbuhan atau  tanaman dengan sistem Hidroponik yang dipelihara oleh setiap siswa di MAN 2 Ponorogo sebagaii produk unggulan dan trobosan baru cara menanam tanam tanaman dengan sistim media air, baik tanaman hias, tanaman toga, tanaman sayur mayur, maupun tanaman buah. Sistem hodroponik dipilih karena sistem ini tidak memerlukan lahan dan bisa menjadi alternatif yang sesuai di lingkungan masyarakat sekitar sebagai cara menanam dan menjaga lingkungan untuk terus menjaga keaneragaaman hayati karena keterbatasan laha,dan integitas yakni terintegritas/bersatupadu semua kegiatan tersebut untuk mewujudkan MAN 2 Ponorogo sebagai madrasah Adiwiyata Nasional.

MAN 2 Ponorogo adalah alih fungsi dari PGAN Ponorogo pada tanggal 1 Juli 1992, dengan luas lahan 9.788 m2 memiliki 36 ruang kelas, 1 ruang Aula, 1 ruang Guru, 1 ruang Lab. IPA, 1 ruang Lab. Multimedia, 1 ruang Lab. Elektro, 1 ruang Lab. Tata Busana, 2 ruang Lab. Komputer, 1 ruang Perpustakaan, 1 ruang serba guna, 1 runag TU, 1 ruang Kepala Sekolah, 1 Gasebo, 1 Gedung Olahraga, 1 lapangan serbaguna. Jumlah siswa keseluruhan 1.151 dan didukung oleh tenaga pendidik 82 orang, sebanyak 32 guru pendidikan S2 dan 4 guru yang masih menempuh pendidikan S2, dengan 25 tenaga non kependidikan. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Ponorogo terdapat kerjasama yang sangat baik antara siswa, tenaga pendidik, tenaga non kependidikan dan komite dengan perannya masing-masing.

Meskipun hanya memiliki lahan yang terbatas, madrasah ini peduli dan berupaya terus  mewujudkan visi madrasah yang berbudaya lingkungan hidup. Strategi yang dijalankan antara lain dengan membentuk Tim Adiwiyata, membentuk Kelompok Kerja (Pokja) serta bekerjasama dengan instansi terkait antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Pertanian, Kesehatan, PDAM, serta sekolah Adiwiyata Mandiri. Dukungan Komite Madrasah juga berperen penting dalam membantu terwujudnya madrasah Adiwiyata. Program Adiwiyata di MAN 2 Ponorogo di awali pada tahun ini yaitu 2014 dan berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten sekaligus Nominator Adiwiyata Tingkat Provinsi dan semoga diusulkan menjadi nominator Madrasah Adiwiyata Tingkat Nasional.Aamiin,semoga.