Berita Event News

Antusias Belajar dengan E-Learning

            Ponorogo (27/7). Belajar daring menggunakan e-learning memang telah dilaksanakan MAN 2 Ponorogo sejak bulan Maret lalu. Ini adalah kali pertama siswa baru MAN 2 Ponorogo tidak dapat bertatap muka dengan teman sekelas, maupun guru. Kendati demikian, pembelajaran tetap berjalan dengan lancar dan penuh semangat.

            Setiap pagi pukul 06.45, siswa melakukan tadarus secara mandiri di rumah masing-masing. Pelajaran jam pertama dimulai pukul 07.00. Siswa dan guru diwajibkan untuk absen dan mengakses e-learning MAN 2 Ponorogo. Semua bahan ajar, latihan soal, dan referensi sudah tertata rapi di e-learning.

            Waka Kurikulum, Evie Melianasari mengungkapkan bahwa guru dan siswa juga bisa menggunakan aplikasi lain untuk menunjuang pembelajaran. “Kita menyesuaikan situasi dan kondisi saja. Jika e-elearning KEMENAG gangguan, masih ada Google Classroom dan aplikasi-aplikasi pembelajaran lain,” ujar guru biologi tersebut.

            Evie juga menambahkan jika kendala terbesar pembelajaran daring adalah jaringan. Tidak semua siswa memiliki akses untuk menjangkau jaringan internet secara cepat. “Apalagi jika ada ribuan orang mengakses e-learning madrasah secara bersamaan. Jadi ini masih menjadi evaluasi dan perbaikan pihak sekolah,” ujarnya.

Antusias-Belajar-dengan-E-Learning
Antusias-Belajar-dengan-E-Learning

            Beberapa guru juga melakukan pembelajaran berbasis live meeting dengan siswa. Seperti memakai zoom meeting, google meet, dan sebagainya. Seperti halnya pembelajaran Sejarah yang diampu oleh Wiretno. Menurutnya, siswa juga perlu untuk melakukan kelas tatap muka meski secara virtual. “Apalagi untuk murid baru, perlu mengenal guru secara langsung dan perlu dibimbing secara langsung agar mereka tidak kaget. Bagaimanapun juga kehadiran guru dalam pembimbingan langsung tidak dapat digantikan oleh aplikasi manapun,” tegasnya.  (admin)