Senin, 20/9/2021. Dalam rangka mencapai Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Biroraksi Bersih/Melayani (WBBM), diperlukan sosok agen perubahan atau agent of change. Setelah melalui seleksi beberapa tahap,  akhirnya Ibu Amru Hidayah, M.Pd.., salah satu tenaga pendidik di MAN 2 Ponorogo memperoleh penghargaan sebagai Agen Perubahan Zona Integritas pada lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo. Ibu Amru terpilih sebagai Terbaik 1 dari tahapan seleksi peserta yang diikuti dari berbagai instansi di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo.

“Agen perubahan ini diperlukan sesuai dengan tujuan kita membangun ZI dan menciptakan tata kelola yang bersih, juga pelayanan publik yang prima. Ditambah lagi, kita harus mampu mencapai birokrasi yang akuntabel, dan SDM yang profesional di bidangnya. Kita bersyukur bahwa Bu Amru terpilih sebagai Agent of Change, sehingga kita dapat lebih cepat mencapai lembaga yang WBK dan WBBM”, demikian respon dari Kepala MAN 2 Ponorogo, Bapak Nasta’in, S.Pd., M. Pd.I.

Sementara itu, Ibu Amru Hidayah, M.Pd. mengatakan, “Membangun ZI pada sebuah lembaga tidaklah mudah, membutuhkan komitmen pimpinan hingga seluruh warga madrasah sebagai unsur pelaksana untuk melakukan perubahan. Ibarat kata, saya ini hanya sebagai rodanya saja. Segala perubahan dan pelaksanaan tetap membutuhkan peran bersama. Saya sangat berharap inovasi yang saya programkan yaitu memperkuat budaya riset siswa madrasah bisa terus diterapkan di MAN 2 Ponorogo, dan menyebar ke madrasah lain di bawah Kemenag Kabupaten Ponorogo”.

Sejatinya yang terpenting adalah perubahan pola pikir dan budaya kerja yang bersumber salah satunya dari keteladanan berperilaku yang nyata dari pimpinan dan individu warga madrasah. MAN 2 Ponorogo dengan semangat “perubahan” menuju Zona Integritas (ZI).

Tim Web MANDaPo

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.