Melalui Pramanda’s Scout Competition, MAN 2 Ponorogo Tanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan

Minggu, 20/2/2022 – MAN 2 Ponorogo kembali menggelar ajang lomba tahunan PSC (PRAMANDA’s Scout Competition) yang ke-12. Lomba tahunan yang diadakan oleh PRAMANDA alias Pramuka MAN Dua diperuntukkan bagi siswa-siswi SMP/MTs se-derajat se-provinsi Jawa Timur. Tahun ini total jumlah peserta sebanyak 270 siswa dari beberapa kabupaten/kota di Jawa timur, seperti Ponorogo, Madiun, Pacitan, Ngawi, hingga Nganjuk, dan wilayah lainya. Semua peserta tersebut mengambil bidang-bidang yang ingin mereka ikuti.

Pada kegiatan PSC tahun ini, terdapat 9 bidang lomba, seperti: Minion Creation (Miniatur Pionering) ,Pramanda Clever CBT (CC), TSP (Transfer Sandi Puzzle), PPGD, Yel-Yel Kreasi, Desain Poster Digital, Pramanda Fight, Mading 3D, dan perlombaan e-sport yaitu Mobile Legend.

Dari berbagai perlombaan ini memunculkan banyak juara dari berbagai sekolah/madrasah seperti MTsN 1 Ponorogo yang menjadi juara umum pada event ini. Seluruh peserta tetap sportif dan puas akan pencapaian masing-masing, dan yang terpenting adalah mereka mendapatkan sebuah pengalaman dengan mengikuti rangkaian lomba ini. Salah satu peserta mengungkapkan, “ini sangat luar biasa dan di luar dugaan saya. Saya juga sangat berterimakasih kepada Allah SWT atas kemenangan ini dan tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia PSC MAN 2 Ponorogo yang sangat profesional dalam perlombaan. Semoga PRAMANDA terus jaya dan semakin lebih baik ke depannya.”

Melalui Pramanda’s Scout Competition, MAN 2 Ponorogo Tanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan
Melalui Pramanda’s Scout Competition, MAN 2 Ponorogo Tanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan

Dalam merealisasikan kegiatan ini, pastilah virus covid-omicron menjadi sebuah kendala, dalam hal ini panitia penanggung jawab event ini mengungkapkan, “dari pelaksanaan PSC minus di panitia, beberapa peserta tumbang, mengingat situasi dan kondisi saat ini yang kurang mendukung”.  Ia juga menambahkan, “Sebenarnya dalam sebuah kegiatan miss komunikasi itu hal yang wajar dan permasalahan klasik, namun permasalahan yang sekecil itu tidak mampu dihindari ketika prepare kegiatan, dan kendala di beberapa opsi kegiatan yang kurang sesuai dengan timingnya.” Terlepas dari segala hambatan dan dan kendala tersebut, kegiatan tahunan ini sukses dilaksanakan.

Menukil dari panitia PSC, event ini ditujukan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada anggota pramuka khususnya pada tingkat penggalang dan senantiasa mempertebal rasa persatuan dan persaudaraan sesama anggota Pramuka khususnya dan kepada sesama bangsa pada umumnya. Perhelatan event tahunan ini oleh pramuka MAN 2 Ponorogo, telah membawa MAN 2 Ponorogo menjadi madrasah yang lebih unggul dan berkualitas.

Reporter : Rafiza Hafif Irzha Alfauza (XI MIPA 1), Habiba Zaida Aziza Nur Rohma (XI MIPA 1), Fanika Ardiansyah (XI IPS 3), Salvinia Aqila Azalea (X MIPA 4), dan Alvey Dealoveva Zhafira (X MIPA 4).

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.