Pemilihan Ketua OSIS MAN 2 Ponorogo periode 2020/2021

10 Oktober 2020. Untuk pertama kalinya, MAN 2 Ponorogo menggelar pemilihan Ketua OSIS (PEMILOS) pada Jum’at, 9 Oktober 2020 secara online. Panitia PEMILOS MAN 2 Ponorogo menyatakan bahwa PEMILOS ini sebagai ajang demokrasi siswa siswi MAN 2 Ponorogo di era new normal untuk memilih pemimpin yang dianggap pantas menduduki posisi ketua OSIS MAN 2 Ponorogo periode 2020/2021.

Pemilihan ini diikuti oleh seluruh warga MAN 2 Ponorogo dengan jumlah kandidat ketua OSIS tiga siswa, yaitu Fawaz Muhammad Hafidz dari kelas XI MIPA 6, Ferry Wahyu Kurniawan dari kelas XI IPS 1, dan Rafif Naufal Muzaffar  dari kelas XI MIPA 2. Sebelum hari pemilihan, para kandidat berkampanye secara online dengan berorasi memaparkan visi misi melalui video dan menyebarkan poster-poster melalui media sosial ke seluruh warga MAN 2 Ponorogo. Vote dibuka dari pukul 07.00-11.00 WIB dengan pembagian waktu memilih secara bergiliran untuk para guru dan karyawan,siswa kelas X, XI, dan XII.

Dalam proses PEMILOS ini perwakilan KPU Ponorogo turut hadir dalam rangka memberikan edukasi berdemokrasi kepada seluruh warga MAN 2 Ponorogo.

 “Semua punya tantangan masing-masing baik offline maupun online, dilihat dari paparan tim yang seluruh mekanismenya sudah diatur dengan sedemikian rupa dan penjagaan rahasianya, ini merupakan tantangan yang sudah dijawab dengan baik oleh tim yang mengapresiasi dari KPU Ponorogo. Saya kira model model seperti ini memang harus terus dikembangkan dalam rangka memberikan edukasi pemilihan di tengah suasana pandemi”, ujar Bapak Ahmad Fauji Huda, S.Pd selaku perwakilan KPU Ponorogo.

Penghitungan suara dilakukan melalui media google form yang telah disebarkan ke seluruh warga MAN 2 Ponorogo dan dari hasil penghitungan suara dinyatakan bahwa Ferry Wahyu memperoleh suara terbanyak.

“Tentunya saya ucapkan syukur Alhamdulillah atas terpilihnya saya menjadi ketua OSIS MAN 2 Ponorogo. Menjadi ketua OSIS itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang siswa yang telah diberikan amanah untuk memimpin OSIS MAN 2 Ponorogo selama 1 periode ke depan. Menjadi ketua OSIS bukanlah hal yang mudah, menjadi ketua OSIS berarti siap untuk menjadi figur bagi siswa siswi MAN 2 Ponorogo.” Ungkap Ferry Wahyu. 

Lebih lanjut, Ferry mengungkapkan harapannya sebagai ketua OSIS periode 2020/2021 yakni terwujudnya OSIS MAN 2 Ponorogo yang progresif dengan menerapkan nilai-nilai luhur, kreatif, integritas, berakhlakul karimah , serta menjadi wadah aspirasi siswa siswi MAN 2 Ponorogo.

 “Untuk seluruh Pengurus OSIS MAN 2 Ponorogo semoga dapat mengemban amanah dengan sebaik mungkin karena kalianlah orang-orang terpilih, jadi tunjukkan bahwasanya kalian memang orang yang berkualitas dan memang layak sebagai pengurus OSIS 2020/2021”, pesan Ferry Wahyu kepada seluruh pengurus OSIS terpilih.

Selain pesan dan harapan, Ferry juga memberi semangat kepada kandidat yang belum terpilih, “Tentunya dalam berdemokrasi ada yang terpilih dan ada yang tidak, untuk teman-teman kandidat yang belum terpilih, tetap semangat dan terus berlatih, kesempatan menjadi pemimpin masih terbuka lebar di berbagai tempat. Pengalaman yang didapat dalam PEMILOS ini tentunya sangat berarti juga bagi kita semua.”

Reporter : Maharani Wirawan dan Ryandaffa F.T.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.