PSC 2020: Diramaikan Lebih dari 300 Penggalang

Ponorogo (26/01/2020), Pramanda’s Scout Competition merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh pramuka MAN 2 Ponorogo. Ajang yang juga menjadi salah satu proker Dewan Ambalan MAN 2 Ponorogo ini merupakan salah satu kompetisi Pramuka bergengsi di Jawa Timur. Kompetisi ini ditujukkan untuk para siswa siswi SMP/MTs sederajat diseluruh Jawa Timur. Khususnya bagi para penggalang berbakat, memiliki jiwa kepramukaan dan  jiwa kompetisi yang tinggi.

PSC yang merupakan salah satu rangkaian acara MCW 2020 (Madrasah Competition Week 2020) ini diikuti oleh 15 pangkalan yang terdiri dari 18 regu putri dan 14 regu putra dengan total 320 penggalang. Angka ini menunjukkan bahwa antusiasme penggalang pramuka di Jawa Timur terhadap PSC cukup besar.

Adu kreativitas dituangkan dalam berbagai perlombaan seperti: Miniatur Pioneering, Transfer Sandi Puzzle (TSP), PPGD, Pramanda Fight, Pramanda Clever (CC), Desain Poster, dan Yel-yel Kreasi. Terik matahari Ponorogo semakin membakar semangat para penggalang. Tetesan peluh dari wajah peserta tidak menghalangi ambisi juara mereka. Para pesertapun selalu menyanyikan yel-yel dengan lantang, sehingga meninggalkan gema yang cukup nyaring di lapangan upacara.

Alfu Laila, pembina Pramanda mengaku bahwa semua peserta memiliki semangat juang yang tinggi. “Semua peserta sangat kreatif. Apalagi dalam lomba kreasi yel-yel, mereka mampu memvisualisasikan semangat bertanding dalam sebuah lagu dan gerakan yang indah dan kompak”, ujar guru PPKn tersebut.

Antusiasme peserta dan kerja keras semua panitia menjadi factor utama sukses nya PSC X 2020 ini. Lelah yang dirasakan saat mengikuti sederet kegiatan perlombaan akan dibanyar dengan senyum kemenangan dengan membawa sebuah tropi. Tentunya tidak semua akan menang dalam kompetisi. Semua peserta berkumpul di GOR MAN 2 Ponorogo, dengan tujuan sama ingin meraih 50 tropi yang salah satunya tropi utama kejuaraan umum.

Berikut adalah kejuaraan utama PSC X 2020 :

Juara Tergiat Putra diraih oleh MTsN 3 Ponorogo,

Juara Tergiat Putri diraih oleh MTsN 1 Ponorogo,

Juara favorit diraih oleh MTsN 1 Ponorogo,

dan Juara Umum diraih oleh MTsN 3 Ponorogo.

Pengumuman disambut dengan teriakan peserta yang gembira karena terbayar semua lelah. Tidak sedikit juga yang menangis karena terharu akan keberhasilan mereka. Bagi yang  belum juara pun terlihat tetap semangat.

Selamat untuk peraih kejuaraan semoga menjadi awal langkah prestasi. Bagi yang belum meraih kejuaraan, teruslah beraksi. Jangan pernah berhenti, terus gali potensi dan wujudkan prestasi !

 “Jangan menyerah, Bersama kita percaya, Genggam erat,  PRAMANDA ‘kan mendunia. Beribu kali terjatuh bukan berarti gagal, Jika kau bangkit kembali kita utuh bagai barisan”.

Reporter: Larassita, Raditya

Penulis Berita: Tiara

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.