MAN 2 Ponorogo kembali mengadakan acara tahunan SAC (Science and Art Competition) yang ke-13. SAC ini bertujuan mengasah bakat dan minat dari siswa-siswi SMP/MTs se-eks karesidenan Madiun.

“Selain itu, dengan diadakannya SAC ini diharapkan dapat melahirkan sikap berkompetisi berjuang menggali ilmu dan tentunya berlomba-lomba dalam hal kebaikan, dan juga siswa-siswi SMP/MTs tetap berkarya dan tetap mempunyai kegiatan yang bermanfaat walau di rumah saja”, ujar Novan, selaku ketua panitia pelaksana SAC XIII.

SAC tahun ini diadakan secara online karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Perlombaan dimulai dari pengumpulan hasil karya tanggal 16 Januari – 6 Februari 2021. Kemudian dilanjutkan tahap I (tahap penjurian) dan tahap II (tahap final) yang dilaksanakan pada tanggal 6 -13 Februari 2021.

Untuk persiapan SAC tahun ini, secara umum hampir sama dengan tahun lalu, hanya saja karena masih di era pandemi, panitia membatasi kegiatan dan menjadwal panitia yang bertugas di madrasah. Peserta SAC kali ini adalah siswa-siswi SMP/MTs se-eks karesidenan Madiun yang berjumlah 503 peserta.

Adapun bidang yang dilombakan meliputi matematika, Integrated Social Olympiad, IPA terpadu, Young Research Award, Desain Poster Digital, Mussabaqah Dakwah Competition, Ghina ‘Araby, Baca Puisi, Vlog, dan MTQ.

Meskipun SAC ini diadakan secara daring, ternyata respon dari peserta masih tetap antusias untuk bisa mengikuti kegiatan tahunan SAC MAN 2 Ponorogo. Memang SAC ini diakui event terbesar, terkeren di kabupaten Ponorogo bahkan di eks karesidenan Madiun bahkan lebih luas lagi di luar karesidenan Madiun, terbukti bahwa peserta di luar karesidenan ingin ikut mendaftar seperti dari Wonogiri, Nganjuk, Gresik bahkan dari Jember. Namun karena dikhususkan untuk wilayah eks karesidenan Madiun, maka kami tolak. Insya Allah dengan memperhatikan hal itu menjadi evaluasi bagi kami untuk bisa lebih luas lagi tidak hanya se-karesidenan tetapi menjangkau luar eks-karesidenan Madiun“, ujar Bapak Warino, S.Pd selaku Ketua Penyelenggara SAC XIII.

Media perlombaan yang digunakan untuk SAC tahun ini ada beberapa aplikasi, seperti CBT, Video dan Zoom meeting. Untuk perlombaan seperti IPA Terpadu, Matematika, dan ISO menggunakan tes berbasis komputer atau CBT. Bidang lomba yang berupa pembuatan video dan karya tulis dikumpulkan melalui website yang telah disediakan oleh panitia.

Hasil akhir pemenang perlombaan akan diumumkan pada tanggal 18 Februari 2021.

Reporter : Widya Anggraini, Jeny kartika, Intania Pitaloka.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.