Event Pramuka

Sukses PSC “Pramanda Scout Competition” IX 2019

Sukses PSC “Pramanda Scout Competition” IX 2019
Sukses PSC “Pramanda Scout Competition” IX 2019

Sukses PSC “Pramanda Scout Competition” IX 2019 | Ponorogo, 20/01/. Hari yang mengesankan bagi penggalang se-eks karasidenan Madiun untuk menunjukkan jiwa kepramukaannya, terutama mereka yang mempunyai jiwa kompetisi. Pramuka MAN 2 Ponorogo mengadakan sebuah ajang untuk menunjukkan bakat siswa siswi pecinta pramuka SMP/MTs sederajat, yang merupakan agenda tahunan dan merupakan proker Dewan Ambalan Man 2 Ponorogo. Dengan panitia kurang lebih 100 orang terdiri dari 58 Dewan Ambalaan dan lainnya dari delegasi ekstra.

Acara yang telah dipersiapkan sebaik mungkin selama kurang lebih 1 bulan meskipun sebagian panitia harus merelakan hari libur mereka untuk merancang PSC ini, semua dilakukan dengan sukarela dan kerja keras untuk mewujudkan  event yang spektakuler. Diikuti oleh peserta pramuka penggalang SMP/Mts se-eks karasidenan Madiun  berjumlah 15 regu putri dan 11 regu putra dengan total 260 penggalang. Persiapan sejak 1 bulan lalu, hambatan terhalang liburan sekolah.

Dimulai dengan pendaftaran ulang guna untuk mengecek peserta sekaligus pengambilan undian peserta. Sesuai dengan lagu pramanda “Hari ini kan dimulai berikan semangat baru, awali langkah penuh maknakan berjuta cerita.”. Semua peserta sangat antusias dengan menunjukkan semangatnya untuk sama-sama berkompetisi. Mengawali langkah untuk mengukir cerita sebagai pengalaman sekaligus untuk menoreh prestasi. Yang tentunya telah berlatih semaksimal mungkin sebelumnya. Satu persatu deretan kegiatan perlombaan harus dilalui oleh peserta mulai dari opening ceremony sampai hal yang ditunggu-tunggu yaitu pengumuman kejuaraan.

Sederet perlombaan itu diantaranya adalah miniatur pionering yang diikuti oleh 3 penggalang, dilanjut dengan Transfer Sandi Puzzle (TSP)untuk 3 penggalang, PPGD untuk 2 penggalang,  pramanda clever 1 penggalang, desain poster, Pramanda fight untuk 3 penggalang,  Putra-putri PSC yang merupakan lanjutan dari Pramanda clever, presentasi video iklan layanan masyarakat, dilanjutkan dengan mandapo adventure sesuai dengan artinya petualangan Mandapo, disini peserta diajak untuk berkeliling diarea sekolah untuk pengenalan, kemudian disambung yel-yel creation jadwal kegiatan ini saat siang hari, jadi meskipun  peserta sudah lelah meraka harus menunjukkan semangatnya dengan menyanyikan yel-yel mereka dengan lirik dan gerak semenarik mungkin tentunya dengan menjaga kekompakan 1 regu, flashmoob creation dengan diiringi lagu Pramanda, closing ceremony, dan yang terakhir pegumuman.

Lelah yang dirasakan saat mengikuti sederet kegiatan perlombaan tentunya akan dibanyar dengan senyum kemenangan dengan membawa sebuah tropi, sertifikat dan uang binaan dari sebagian lomba. Tentunya tidak semua akan menang dalam kompetisi. Semua peserta berkumpul di GOR MAN 2 Ponorogo, dengan tujuan sama ingin meraih 70 tropi yang salah satunya tropi utama kejuaraan umum.

Berikut adalah kejuaraan utama PSC 9 :

Putra PCS 2019 berhasil diraih oleh MTsN 3 Ponorogo dan

Putri PSC 2019 oleh SMPN 1 Jenangan,

Juara favorit diraih oleh MTsN 1 Ponorogo,

dan Juara Umum diraih oleh MTsN 6 Ponorogo.

Pengumuman disambut dengan teriakan peserta yang gembira karena terbayar semua lelah. Tidak sedikit juga yang menangis karena belum bisa, tapi sesama satu tim mereka saling memberi semangat. Selamat untuk peraih kejuaraan semoga menjadi awal langkah prestasi dan untuk yang belum meraih kejuaraan terus beraksi, gali prestasi, dan wujudkan ekspresi.

Rekap Nilai Pramanda Scout Competition IX Tahun 2019

 “Terus melangkah dan jangan menyerah, kita kan bersama mewujudkan cita berjuta mimpi tembus cakrawala kita. Kita PRAMANDA.”

Reporter: Afnan, pratama, meitania, rzq

Penulis Berita:Rzq

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.