Training Manajemen Administrasi untuk Pembina dan Pengurus Ekstrakurikuler MAN 2 Ponorogo

OSIM MAN 2 Ponorogo melaksanakan kegiatan Training Manajemen Administrasi (TMA). Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari , yaitu dari tanggal 8 hingga 10 April 2021. Acara tersebut dibuka oleh Kasi Perencanaan Kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo, Bapak Muhtar Yusuf, S.Sos, sekaligus sebagai pemateri. Pada hari  pertama membahas tentang penggunaan Microsoft Word, hari kedua tentnag edukasi dan praktek pembuatan Google Document dan Google Sheet, dan hari ketiga adalah evaluasi.

Kegiatan ini diikuti oleh Pembina ekstra kurikuler ,perwakilan dari setiap Organisasi, yaitu OSIM, Dewan Ambalan, PMR, PKS, Jurnalistik & Web, MT, dan Olahraga serta beberapa orang guru yang tergabung dalam tim kurikulum. Pelatihan untuk Bapak-Ibu Pembina ekstrakurikuler langsung dibimbing oleh pelatih administrator Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo. Pelaksanaan training dilakukan menggunakan metode blended learning, offline dan online.  Karena diadakan di tengah pandemi maka kegiatan pelatihan offline ini tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Sedangkan penugasan dilakukan secara online.

Kegiatan Training Manajemen Administrasi merupakan program kerja OSIM yang baru dan pertama kali dilaksanakan pada tahun ini, yang diketuai oleh  Indra Dwi Setiawan.

Adapun tujuan tujuan diadakannya TMA ini yakni mengedukasi seluruh pengurus dari kegiatan ekstrakurikuler terkait dengan kewajiban dalam pengelolaan sebuah program kerja yang di dalamnya ada proposal, laporan pertanggungjawaban atas kerja yang kita laksanakan dan tentunya berbasis pada aturan pemerintah yang berlaku, ungkap Ibu Dian Rachmawaty,S.Pd,M.Pd.I selaku Pembina OSIM.

“Kendala dalam acara TMA ini adalah karena masih dalam keadaan pandemi. Cara untuk menyukseskan acara ini adalah dengan saling berkomunikasi yang efektif antar panitia” ujar Indra Dwi.

Ferry selaku ketua OSIM, berharap dengan diadakannya TMA bisa untuk menyamakan presepsi maupun sifat terkait tata kelola administrasi serta manajemen keorganisasian dan juga sebagai bentuk peningkatan kualitas masing – masing pengurus organisasi dan ekstrakurikuler yang ada di MAN 2 Ponorogo ini.

Reporter: Larassita Sekar Ayu,Hanun Qurrata,Fanika Ardiansyah,Rizty Novia Salma.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.