Praktikum Bersama Penyembelihan Hewan secara Islami Kelas X MAN 2 Ponorogo

Ponorogo,18/6/2022-  MAN 2 Ponorogo mengadakan kegiatan praktikum penyembelihan hewan sesuai syari’at Islam bagi siswa kelas X. Kegiatan ini merupakan praktikum tematik kolaboratif antara mapel Sosiologi, Biologi, Fisika, Kimia dan Fikih. Kegiatan diawali dengan apel bersama di depan GOR MAN 2 Ponorogo dan dilanjutkan di halaman dekat masjid MAN 2.

Tujuan diadakannya praktikum ini supaya siswa-siswi MAN 2 Ponorogo mengerti tata cara penyembelihan hewan terutama ayam secara syar’i menurut ajaran Islam. Di samping itu kegiatan ini juga dimaksudkan agar para siswa dapat mengelola ayam mulai dari proses penyembelihan dan pembersihan, hingga tahap penyajian. Dalam praktikum ini, siswa juga membuat laporan praktikum dalam bentuk makalah yang berisikan antara lain penimbangan organ-organ, darah, serta penelitian psikologi ayam sebelum dan sesudah disembelih. Dikaitkan dengan sosiologi, juga mapel lain seperti biologi, fisika dan kimia juga penyembelihan dari segi fiqih.

Pola kegiatan dilaksanakan dengan cara tiap kelas dibagi beberapa kelompok beranggotakan 5-6 anak untuk dapat mengkreasikan berbagai  masakan dengan bahan ayam yang telah disediakan madrasah yang mereka sembelih sendiri.

Acara ditutup dengan penyajian olahan ayam kepada bapak ibu guru untuk diberi penilaian.

“Partisipasi dari anak-anak sangat baik sehingga acara bisa berjalan dengan lancar. Tetapi masih ada beberapa kendala seperti ada beberapa anak yang belum berani dalam menyembelih ayam”, ujar Bapak Warino selaku ketua panitia.

Reporter: Alvey Dealoveva Zhafira (X MIPA 4), Salvinia Aqila Azalea (X MIPA 4), Dahniar Savina Wafi (X AGAMA), Mei dwi Rahmawati (X MIPA 1) dan Syahda Rizqina Rahmasita (X IPS 1)

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.