Selasa,23/11/2021. Di pagi yang sedikit mendung para siswa MAN 2 Ponorogo mengikuti Apel PAS (Penilaian Akhir Semester) yang bertempat di depan GOR MAN 2 Ponorogo. Apel PAS ini di laksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan dipimpin lagsung oleh Bapak Wilson Arifudin A, S.Pd selaku Waka kesiswaan. Secara resmi PAS dibuka kepala madrasah yaitu Bapak Nasta’in, S.Pd., M.Pd.I dan diakhiri dengan pelaporan persiapan PAS oleh ketua panitia PAS, Bapak Taufik Efendi, M.Pd.I.

Di hari sebelumnya, seluruh siswa telah menandatangani “Pakta Integritas” sebagai pernyataan akan mengerjakan ujian dengan jujur.

“PAS ini diadakan untuk mengukur kemampuan siswa-siswi MAN 2 Ponorogo selama mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring maupun luring”, ujar bapak Nasta’in.

Bagi  siswa yang mewakili madrasah untuk mengikuti PORSENI akan diadakan ujian susulan bersama dan akan dilaksanakan di Laboratorium komputer. Sedangkan siswa yang berhalangan hadir dan sakit diharuskan  mengirimkan surat dokter kepada wali kelas masing-masing. Jika izin tanpa alasan tidak begitu penting menurut pertimbangan madrasah, maka akan dikenai sanksi tertentu.

“Apabila ada siswa yang melakukan pelanggaran selama PAS berlangsung, akan dikenai sanksi. Guru  pengawas tidak harus memarahi tetapi hanya akan menulis nama siswa prlanggar tersebut dan difoto untuk disetorkan kepada panitia PAS dan panitia akan menginformasikan kepada lembaga“, demikian ujar bapak Taufiq.

Harapan kepala madrasah, agar mengimplementasikan visi kita, RUBI, terutama integritas terhadap pelaksanaan PAS ini. Mengerjakan soal-soal dengan jujur, tidak menyontek kanan kiri, melihat HP atau alat dunia maya. Tetap semangat dalam belajar dan berusaha sendiri sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Berbeda dengan PAS tahun lalu,PAS kali ini dilaksanakan secara luring. Peserta dibagi dalam dua shift. Pada setiap shift, setiap ruangan hanya diisi 50% dari jumlah siswa dalam kelas tersebut. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan agar tetap mematuhi protokol kesehatan serta memudahkan akses internet karena pengerjaan PAS menggunakan CBT  ( Computer Based Test). Harapan semua pihak, PAS di tahun ini berjalan lancar, seluruh komponen baik pengawas maupun siswa bisa menerapkan visi madrasah terutama integritas. PAS bukan hanya mengejar nilai, namun karakter integritas adalah hal utama yang harus dilakukan.

REPORTER:

1.Arga Dwi Ilyasa (XI MIPA 1)

2.Cistya Diva Nirwasita (X AGAMA)

3.Anindya Naura Putri Azzahra (X MIPA 3)

4.Salvinia Aqila Azalea (X MIPA 4)

5.Alvey Dealoveva Zhafira (X MIPA 4)

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.