Skills Training Academy Siapkan Mental Orasi Siswa MAN 2 Ponorogo di Hadapan Publik

Kamis, 14/12/2021. Mengawali program OSIM MAN 2 Ponorogo periode 2021/2022, disleenggarakan STA (Skills Training Academy) yang bertemakani “Explore Your Management Speaking Skills In The Milenial Era”.  STA ini melatih keterampilan para siswa MAN 2 Ponorogo dalam bidang Management Administration (MA) dan Public Speaking (PS) yang bertujuan ntuk menumbuhkan generasi milenial yang cerdas, berkualitas, dan melek tehnologi di era sekarang.

Peserta STA terdiri dari perwakilan setiap ekstrakurikuler dan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 14 -16 Desember 2021. Pada hari pertama, STA ini dibuka laangsung oleh kepala MAN 2 Ponorogo dengan disambut tarian dan diakhiri dengan pemukulan gong.

Selanjutnya kegiatan terbagi menjadi dua, divisi MA yang bertempat di ruang multimedia MAN 2 Ponorogo, dan PS diselenggarakan di GOR MAN 2 Ponorogo. Materi-materi yang disampaikan dalam pelatihan Management Administration meliputi Duplicating, mailing, calculating, reeling, dan checking, keuangan dan kebendaharaan, administrasi umum (Pembuatan surat, proposal, SOP, dan TOR. Sedangkan materi Public Speaking mengenai MC, moderator, reporter, dan presenter.

Di hari kedua pelaksanaan STA (Skills Training Academy),  pemateri, Anis Feri Yusanti S.Pd dari radio Gema Surya, membawakan materi presenter, serta Wiretno S.Sos yang tidak lain juga sebagai guru di MAN 2 Ponorogo menyampaikan materi reporter dengan penuh kesan.

Menurut sebagian peserta yang telah mengikuti acara selama 2 hari ini, mereka mendapatkan ilmu dan pengalaman baru, pemateri pun berhasil menyampaikan materi secara edukatif, sehingga peserta tidak merasa bosan. Respon audiens juga saat baik,  masing-masing perwakilan dari organisasi maupun ekstrakulikuler berkesempatan untuk menyampaikan terkait masalah ataupun hal-hal yang berkaitan dengan public speaking.

Tak hanya itu,  beberapa peserta juga mendapatkan tantangan dari pemateri untuk menunjukkan hobinya seperti bernyanyi dan lainnya, sebagian dari mereka juga ikut berpartisipasi dalam menjawab beberapa pertanyaan dari pemateri, sehingga acara dapat berlangsung dengan lancar dan meriah.

STA (Skills Trainning Academy) bukanlah event yang sekedar untuk bersenang-senang saja, namun melainkan event ini merupakan sebuah pelatihan administrasi dan public speaking untuk seluruh ekstrakurikuler dan organisasi yang ada di MAN 2 Ponorogo.

Hari kamis merupakan hari terakhir, yang di isi dengan evaluasi dari pemateri yaitu Anis Feri Yusanti S.Pd dari radio Gema Surya yang menjadi pemateri Public Speaking, mengevalusi materi yang telah di berikan selama pelatihan STA. Materi yang di evaluasi meliputi Presenter, host, MC, moderator, reporter. Sedangkan untuk pemateri Management Administrasi, mengevaluasi materi yang telah disampaikan saat pelatihan STA.  Materi yang dievaluasi yaitu anggaran dan proposal.

Skills Trainning Academy berakhir di hari kamis siang dan ditutup langsung dengan Waka Humas Ibu Hastutik.

Reporter:
Vidinia Nuansa Citra (XI MIPA 5),
Oktafia Nur Halima (XI IPS 4),
Rizty Novia Salma (XI MIPA 2),
Rafiza Hafif Irzha (XI MIPA 1),
Sovia Syamro’atul Hani (X MIPA 1),
Cistya Diva Nirwasita (X AGAMA),
Salsabila Istna Nazula (XI MIPA 4),
Izzah Firdausy Ahla (XI MIPA 2),
Intania Pitaloka S. W (XI IPS 2),
dan Dahniar Savina Wafi (X AGAMA)
Ahmad rian M. (XI MIPA 4)
Novita Damayanti (X AGAMA)
Natasa ayu S. M. (XI IPS 1)
Mustika ayu cahyono (X MIPA 7)
Fariz Misbahul Syahni (X IPA 2)
Izzah Firdausy Ahla (XI MIPA 2)

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.