Ponorogo (11/6/24) Mengingat pentingnya kemampuan public speaking dan personal branding di era saat ini, MAN 2 Ponorogo menggelar seminar bertemakan “How to Grow Your Public Speaking and Personal Branding”. Pembicara dari seminar kali ini adalah Alvian Choirur Rozaq yang merupakan seorang alumni MAN 2 Ponorogo tahun 2018 dan juga lulusan Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya. Seminar ini dilaksanakan di aula MAN 2 Ponorogo dan dihadiri oleh peserta didik kelas X dari program kelas KBC (Kelompok Belajar Cepat), BP (Bina Prestasi), ICP (International Class Program), serta tahfidz.

Seni berbicara di depan umum atau yang biasa dikenal dengan public speaking merupakan hal penting yang harus dipelajari oleh seorang individu. Dalam seminar kali ini, Alvian juga memberikan materi mengenai hal-hal yang harus disiapkan untuk public speaking seperti mental, materi, hingga personal branding . Tujuan dari public speaking sendiri adalah untuk menyampaikan informasi, menghibur serta mempersuasi. Alumni dari MAN 2 Ponorogo ini juga bercerita bahwa dirinya telah memulai belajar public speaking sejak kelas 3 Sekolah Dasar. Hal ini menunjukkan bahwa kesuksesan adalah hasil dari langkah-langkah kecil yang konsisten. Jangan takut akan kegagalan, karena kegagalan bukanlah akhir dari perjalanan melainkan awal dari proses menuju kesuksesan.

Selain public speaking, personal branding juga merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dipelajari. Personal branding memiliki arti bagaimana anggapan seseorang mengenai diri kita saat kita tidak ada dalam ruangan tersebut. Singkatnya, personal branding yaitu proses membangun dan mengelola citra reputasi seseorang. Di era yang serba digital ini, melakukan personal branding tidaklah sulit dikarenakan sudah ada media sosial. Kita sebagai pengguna media sosial harus bisa memanfaatkan peran media sosial dengan sebaik mungkin.

“Bersifat optimis ketika anda mendapat tawaran maka andalah satu satunya orang yang menguasai bidang tersebut. Bersikaplah seolah kamu profesional dan jangan remehkan dirimu” Ucap Alvian sebagai pesan bagi peserta seminar agar berani mencoba hal baru dan tidak ragu akan kemampuan diri sendiri. Dalam proses belajar public speaking dan personal branding kita juga perlu untuk mencari role model sebagai panutan kehidupan kita “Cari role modelmu dan gunakan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)” tambah Alvian di akhir seminar.

REPORTER:
Gressendy Zahwarani (XI-4)
Makruf Akram (XI-1)
Radella Clarisa (X-3)
Fardan Satria (X-5)


Eksplorasi konten lain dari MAN 2 Ponorogo

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.