Workshop Penguatan Moderasi Beragama Bagi GTK MAN 2 Ponorogo

Rabu, 20/04/2022. Menjalankan salah satu program madrasah dalam rangka menguatkan moderasi beragama, MAN 2 Ponorogo menyelenggarakan workshop sehari bertajuk “Penguatan Moderasi Beragama Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Ponorogo”. Sebagai narasumber kegiatan ini adalah Dr. H. M. Musfiqon, M. Pd., widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya.

Dalam sambutannya Kepala Madrasah mengajak seluruh warga MAN 2 Ponorogo untuk selalu kuat dan saling menguatkan dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan.
“Perbedaan sebaiknya disikapi sebagai kebhinekaan, sehingga kita akan selalu kuat”, tegas bapak Nasta’in, S. Pd., M.Pd.I mengakhiri sambutannya.

Paparan interaktif disampaikan oleh narasumber, diawali dengan pemutaran video Spirit Ramadhan yang memberi pesan bagi kita untuk menjadi Shohibul Qur’an. Selanjutnya, narasumber memaparkan mengenai landasan program penguatan moderasi beragama yang dimotori oleh Kementerian Agama melalui KMA nomor 93 tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

Moderasi beragama adalah mengembangkan cara pandang, sikap dan praktek beragama dalam kehidupan bersama dengan mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa.

“Indonesia didirikan atas dasar kebhinekaan, sehingga sebagai warga muslim Indonesia kita harus mengembangkan sikap moderat berdampingan dengan warga lain sesama muslim maupun non muslim”, tegas bapak Musfiqon dalam pemaparannya.

Tim WebJurnalistik Mandapo

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.