Ponorogo,24/1/2024. MAN 2 Ponorogo kembali menyelenggarakan even tahunan yakni Science and Art Competition (SAC) XVI. SAC adalah kompetisi di bidang sains dan seni tingkat MTs dan SMP se Provinsi Jawa Timur. Jumlah peserta tahun ini lebih dari 900 siswa. Kepanitiaan berasal dari siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan dibantu oleh delegasi ekstrakurikuler lain di bawah bimbingan Bapak Ibu Guru MAN 2 Ponorogo.

Pembacaan ayat suci Al-Quran mengawali acara pembukaan, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta sambutan ketua panitia oleh Fahrul Azizurrohman. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ponorogo, bapak Dr. H Moh. Nurul Huda, M.Pd dengan ditandai pemukulan gong yang berarti kegiatan SAC resmi dimulai.

SAC kali ini mengusung tema “Developing Eunoia the Fusion of Art and Science” (mengembangkan kebaikan dalam perpaduan seni dan sains). Ada 12 bidang lomba yaitu Olimpiade Matematika, Olimpiade IPA, Olimpiade PAI Terpadu, Social Science Olympic (SSO), Paraphrasing and Retelling, Cipta Baca Puisi, Desain Poster, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Artikel Ilmiah, Kaligrafi, Singer, Musabaqah Dakwah Competition (MDC).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo mengungkapkan bahwa ajang ini bukan semata-mata acara seremonial, tetapi ajang kompetisi. Siswa-siswi terbaik yang terpilih mewakili  madrasah/ sekolahnya akan bersaing secara sehat untuk menunjukkan prestasinya. “Manakala sering berkompetisi dan ternyata sering mendapat prestasi itu berarti bisa dikatakan kita berhasil dalam membimbing siswa mengembangkan potensinya,” ungkap beliau.

Ada beberapa kategori kejuaraan  dan penghargaan yang diperebutkan oleh para peserta. Dari serangkaian kegiatan yang berlangsung hampir sehari penuh akhirnya SMPN 1 Ponorogo berhasil menjadi juara umum. Selain itu ada penghargaan khusus diberikan kepada MTsN 2 Ponorogo dan SMPN 1 Ponorogo yang telah mengirimkan peserta terbanyak dari tingkat MTs dan SMP.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas, prestasi, inovasi, dan berwawasan lingkungan.

Reporter:
Divanda Oktavian (XI-2)
Daffa Riflandy (XI-1)
Farisha Nidatul Hanifah (X-1)
Rinda Dinda Lestari (X-1)
Ferinda Evangelista (X-5)
Sapparudin Febrianto (X-8)
Azka Arroyyan Firdaus (X-12)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.