AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) MAN 2 Ponorogo Berjalan Lancar dan Sukses

Hari ini Senin, 19 September 2022, MAN 2 Ponorogo melaksanakan kegiatan AKMI yang diikuti oleh peserta didik kelas XI yang berjumlah 391. AKMI yang diadakan oleh Kementerian Agama wajib diikuti oleh semua peserta didik kelas XI.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah penilaian kompetensi mendasar yang dilakukan oleh seluruh peserta didik madrasah di Indonesia. Sama halnya dengan ANBK, AKMI bertujuan untuk alat ukur pengembangan kapasitas diri dan tenaga pendidik di madrasah.

Peserta AKMI terdiri dari jurusan Agama 33 peserta didik, jurusan MIPA 221 peserta didik dan jurusan IPS 137 peserta didik, yang terbagi menjadi 2 periode. Pelaksanaan AKMI dimulai tanggal 19 sampai dengan 22 September 2022. Masing-masing periode terbagi 2 sesi. Jadwal AKMI terdiri dari Literasi Membaca dan literasi numerasi pada hari pertama dan literasi sains, literasi social budaya dan lterasi profil keunggulan pada hari kedua.

AKMI ditempatkan di tiga ruang laboratorium, yaitu laboratorium multimedia, laboratorium Bahasa dan laboratorium komputer. Di Laboratorium multimedia sebanyak 120 peserta, 140 peserta di laboratorium Bahasa, dan 131 peserta di lab komputer. Semua terbagi dalam 2 sesi dengan tertib, semangat, antusias, integritas dalam pengerjaan soal.

Kepala MAN 2 Ponorogo, Nasta’in,S.Pd,M.Pd.I, selalu memberikan motivasi kepada peserta didik dan berpesan agar dalam pengerjaan soal AKMI harus apa adanya karena untuk mengukur diri, tidak ada kepalsuan dan penuh integritas sesuai dengan Visi MAN 2 Ponorogo, RUBI (Religius,Unggul, Berbudaya dan Integitas), sehingga hasilnya merupakan potret atau cermin sesungguhnya dari peserta didik, sehingga hasil AKMI dapat digunakan untuk penguatan atau pengayaan.

Harapan beliau sebagai pimpinan lembaga, dengan kegiatan AKMI ini, dapat dideteksi kompetensi peserta didik di bidang Literasi membaca, literasi numerasi, literasi sosial budaya dan literasi Profil keunggulan. Dengan harapan hasil AKMI dapat digunakan untuk terapi atau penguatan kekurangan peserta didik di kompetensi yang kurang.

Pelaksanaan AKMI di MAN 2 Ponorogo, berjalan lancar dan sukses dengan sarana prasarana yang disiapkan oleh panitia AKMI.

Reporter : Evie Meilianasari,S.Pd,M.Pd.I _Humas MAN 2 Ponorogo


Eksplorasi konten lain dari MAN 2 Ponorogo

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.