Sabtu, 11/9/2021. Untuk kedua kalinya, MAN 2 Ponorogo mengadakan pemilihan ketua OSIM secara online dengan menggunakan sistem e-vote yang dilaksanakan lebih inovatif dan runtut sesuai dengan aturan yang diarahkan oleh KPU dengan menggunakan protokol yang ketat. “Keruntutan itu diawali dengan perekrutan pengurus OSIM, kemudian uji kelayakan kandidat OSIM, serta kita juga memberikan edukasi kepada pemilih pemula yang bekerja sama dengan KPU, yaitu dalam bentuk podcast. Dan yang terakhir, saat ini kita melaksanakan debat terbuka untuk kandidat ketua OSIM, untuk menunjukkan kepada pemilih bahwa mereka layak untuk dipilih”, ujar Ibu Dian Rakhmawaty, S.Pd,M.Pd.I selaku Pembina OSIM.


Rangkaian kegiatan reformasi OSIM ini akan berakhir pada hari Senin, 13 September 2021 dengan pengambilan suara secara luber melalui aplikasi e-vote. Jumlah kandidat OSIM 2021-2022 sebanyak 3 siswa dengan kreatifitas dan pemikiran yang beragam. Dalam pelaksanaan debat kandidat ini, terdapat sedikit kendala yaitu koordinasi yang semula dilakukan secara luring, dialihkan ke daring yang terkendala pada jaringan dan perizinan kepada madrasah, namun semua bisa teratasi dengan koordinasi dan komunikasi yang baik.


Tujuan diadakannya debat kandidat ketua OSIM ini adalah mengenalkan sejauh mana potensi pada masing-masing kandidat yang pada periode 2020-2021 hanya melakukan penyebaran pamflet dan kampanye. Adanya kegiatan debat kali ini, diharapkan seluruh warga MAN 2 Ponorogo dapat mengetahui bagaimana penyampaian argumen para calon-calon ketua OSIM 2021-2022, sehingga para pemilih bisa lebih selektif dan tidak asal dalam memilih ketua OSIM.


Pihak KPU Ponorogo mengapresiasi kegiatan reformasi OSIM MAN 2 Ponorogo dengan memyatakan bahwa ini adalah miniatur pemilihan seperti pendaftaran calon kandidat ketua, seleksi calon kandidat, melakukan debat kandidat, dan pemungutan suara.
“Yang pertama saya mengucapkan selamat atas terpilihnya siapapun yang terpilih ketua OSIM yang baru, semoga menjadi pribadi yang amanah dan mampu membawa kepemimpinan dengan sebaik-baiknya. Namun, saya juga mengucapkan kepada calon yang belum terpilih untuk ikhlas dan jadikan kekalahan itu menjadi pengalaman untuk menuju yang lebih baik. Dan kami mengapresiasikan kepada calon-calon ketua OSIM yang telah berani menampilkan diri ini sangat luar biasa”, ujar ketua KPU Ponorogo.

Bekerja sama Dengan KPU Ponorogo, MAN 2 Selenggarakan Debat Kandidat Ketua OSIM Periode 2021-2022


“Untuk calon ketua OSIM 2021-2022, agar tetap bisa bertanggungjawab dan menjaga integritas ataupun wibawa dari pengurusan OSIM sebelumnya dan bagi yang belum beruntung atau belum terpilih, jangan patah semangat karena 3 besar itu adalah di antara yang baik dari yang baik. Jadi kami memilih yang lebih baik dari yang baik. Jadi jangan patah semangat”, demikian pesan Ferry Wahyu selaku ketua OSIM 2020-2021 kepada kandidat ketua OSIM.


“Harapan saya selaku pembina OSIM kepada calon ketua OSIM, mengharapkan seorang ketua OSIM yang berkualitas dan berintegritas. Karena bila ketua OSIM itu berkualitas dan berintegritas, maka setiap pergerakan dari keorganisasian itu akan berdampak positif dan memberikan spirit positif bagi orang-orang di sekitarnya umumnya warga MAN 2 Ponorogo. Dan pesan untuk pengurus OSIM selanjutnya, kerjakan yang bisa kamu kerjakan sebaik mungkin dan berkerjalah dengan hati karena segala sesuatu yang dikerjakan dengan hati, hasilnya akan memuaskan dan juga akan memberikan spirit positif bagi orang-orang di sekitarnya”, ungkap Ibu Dian Rakhmawaty,S.Pd,M.Pd.I selaku Pembina OSIM.

Reporter : Ahmad, Ersa, Fitri, Nabila, Nayla, Siti, dan Yulistya

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.