Prestasi

Firda Humaira: Sudah Biasa Langganan Juara

Kompetisi Sains Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan KSN adalah ajang perlombaan tahunan yang di selenggarakan untuk siswa siswi SMA/MA. Tahun ini KSN Kabupaten diselenggarakan di SMA Negeri 1 Ponorogo yang di ikuti oleh beberapa SMA/MA Se-Kabupaten Ponorogo.

Ajang ini diselenggarakan sejak 8 Maret silam, yang diawali dengan apel serta pembukaan dan berakhir pukul 13.00 beserta pengumuman kejuaraan. Dalam acara ini, ada beberapa cabang perlombaan diantaranya Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Ekonomi dan Geografi.

Pada ajang KSN kali ini, MAN 2 Ponorogo patut berbangga karena siswanya berhasil kembali menorehkan pretasi. Firda Annisa Humaira berhasil memperoleh juara 3 bidang Geografi. Tanggal 20 Mei kemarin, Firda berkesempatan membawa pulang piala kejuarannya.

Ini bukan kali pertama Firda menjuarai perlombaan Geografi. Siswi kelas XI IPS 1 ini mengungkapkan bahwa KSN adalah sebuah kompetisi akademik yang sangat bergengsi di Indonesia. “saya tau tidak mudah untuk memenangkannya. Tahun lalu pernah ikut dan gagal. Banyak faktor yang akhirnya memotivasi semangat termasuk ortu, dan tentunya peran guru yang membuat saya selalu antusias belajar geografi”, ujar putri Purwanto ini.

Firda diketahui memiliki banyak prestasi. Selain langganan juara paralel MAN 2 Ponorogo, beragam prestasi akademik berhasil dicapainya. Baru-baru ini, ia juga berhasil menjadi Juara 3 LKTI Peneliti Belia tingkat Jawa Timur.

“Sebenarnya tidak banyak target yang saya buat untuk diri sendiri. Yang penting saya sudah berusaha, entah nanti bagaimana keputusan Allah biar waktu saja yang menjawab, tentunya usaha itu dengan belajar walaupun konsekuensinya harus ketinggalan banyak tugas dan pelajaran”, imbuh gadis kelahiran 2002 ini.

Reporter: Dani Bintang
Editor: Wiretno, S.Hum