Ponorogo, 23/07/2022- MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) MAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023 baru saja usai. MATSAMA yang dilaksanakan secara tatap muka dan berlangsung selama 5 hari (Senin, 18 Juli sampai Jum’at, 22 Juli 2022) ini dibuka langsung oleh Kepala MAN 2 Ponorogo, bapak Nasta’in, S.Pd., M. Pd. I dengan ditandai penerbangan burung merpati dan penyematan kartu tanda peserta.

Pada tahun ini MATSAMA diikuti oleh 390 peserta didik baru MAN 2 Ponorogo dan dipandu langsung oleh OSMANDA dengan ketua panitia yang dipercayakan kepada salah satu pengurus OSMANDA yaitu Airlang Ayodya Wardhana dibimbing oleh Ibu Dian Rakhmawaty, M.Pd. Tema yang diusung pada MATSAMA tahun ini adalah “Generation that Are United In Differences, Make An Advantage” yang artinya Generasi yang Bersatu Dalam Perbedaan, Menjadikan Suatu Kelebihan. 

“MATSAMA tahun ini diselenggarakan offline guna mempertemukan mereka yang masih asing dan menambah kecakapan dan interaksi sosial”, ujar Airlang, ketua panitia di tengah berlangsungnya kegiatan MATSAMA.

Menelisik adanya kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan MATSAMA secara offline tentunya beberapa kelengkapan seperti SK, tata tertib, konsep acara bersama madrasah harus diulik kembali setelah dua tahun lamanya diselenggarakan secara daring.

“Opsi demi opsi menyesuaikan dengan kondisi di luar terkadang menjadi halangan kita untuk lebih berekspresi untuk kelancaran dan tujuan MATSAMA 2022. Semoga untuk MATSAMA tahun berikutnya bisa lebih memberikan pemikiran kritis dan penyatuan fikiran, tenaga, dan hasil yang digapai secara bersama”, demikian disampaikan oleh ibu Dian Rakhmawaty, M.Pd.

Saat penyampaian kesan dan pesan mengenai MATSAMA di akhir sesi, perwakilan peserta menyatakan kepuasannya, “Ternyata kegiatan yang dilaksanakan lebih menyenangkan dari ekspektasi saya, dan pastinya saya jadi lebih mengetahui hal-hal menarik tentang MAN 2 Ponorogo.] Semoga MATSAMA ini bisa sangat bermanfaat dan tentunya membantu kami sebagai siswa baru dalam pelaksanaan pembelajaran, dan semoga MATSAMA berikutnya akan lebih seru dan menarik”.

Reporter: Arga Dwi Ilyasa, Habiba Zaida Aziza N.R, Cistya Diva Nirwasita dan Alifta Khoirunnisa

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.